Love

5 Cara Sopan Menolak Pernyataan Cinta Seseorang, Biar Gak Bikin Sakit Hati

5 Cara Sopan Menolak Pernyataan Cinta Seseorang, Biar Gak Bikin Sakit Hati

Semua orang pasti sepakat, jika menolak pernyataan cinta seseorang sangatlah sulit dan berat di lakukan. Perasaan tak enak hati juga seringkali menghantui. Tak jarang menghilang begitu saja atau ghosthing acap kali dipilih sebagai jalan keluar.

Namun, melakukan tindakan tersebut justru terlihat sedikit kekanak-kanakan. Sebaiknya jika memang tidak bisa menerima, tolaklah pernyataan tersebut dengan sopan. Ingin tahu bagaimana cara menolak pernyataan cinta seseorang tanpa membuatnya sakit hati? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : 5 Jurus Memikat Lawan Jenis Menurut Sains yang Terbukti Manjur

1. Katakan secara langsung

Banyak orang memilih menolak perasaan cinta melalui chat. Namun, sebaiknya temui orang itu secara langsung. Pilih tempat yang sedikit privat agar ia tak merasa malu setelah mengalami penolakan.

Berani menolak pernyataan cinta seseorang secara langsung menunjukkan sebuah sikap yang gentle dan juga dewasa, lho. Tak perlu merasa sungkan, menolak cinta juga bagian dari hak yang kamu miliki, kok.

2. Bersikap jujur dan apa adanya

Meski terkadang jujur hanya akan menyakitkan namun, ini mutlak perasaanmu. Kamu berhak untuk menolak seseorang jika kamu memang tak ada perasaan apa pun kepadanya. Lakukan penolakan dengan bahasa yang sopan tanpa menyakiti hatinya. Bila kamu bersikap jujur dan apa adanya setidaknya meminimalisir perasaan sakit hati akibat penolakanmu.

3. Berhenti memberinya harapan

Jika kamu memang tak ada perasaan apa pun terhadapnya, berhenti memberinya harapan. Jangan membuat seseorang tersebut bingung dengan sikapmu baik sesudah maupun sebelum penolakan. Bila ia berusaha untuk menghubungimu kembali, pastikan untuk mengambil jeda waktu sebelum membalasnya.

4. Jangan menunda waktu

Bila sedari awal kamu memang tak menyukainya, lebih baik tak usah menunda waktu untuk mengatakan tidak kepadanya secara halus dan sopan. Karena jika kamu terus menunda, ia kan berpikir bahwa kamu memberinya kesempatan. Lebih cepat dilakukan akan semakin baik.

5. Hindari untuk berpura-pura

Sebisa mungkin hindarilah untuk berpura-pura terhadap apa yang kini tengah kamu rasakan. Jujur dan terbukalah jika kamu memang tak memiliki perasaan kepadanya. Jika kamu terus berpura-pura yang ada dia akan berpikir bahwa kamu mempersilakannya masuk ke dalam hidupmu dan memiliki kesempatan untuk menjalin hubungan denganmu.

Itulah beberapa cara sopan menolak pernyataan cinta seseorang yang tak akan membuatnya sakit hati. Daripada membohongi perasaanmu terus menerus yang ada kamu hanya akan merasa semakin bersalah. Lebih baik tolak dengan sopan, bukan?

To Top