in ,

Kenapa Tubuh Suka Gemetar Saat Kencing? Ini Penjelasannya

Kenapa Tubuh Suka Gemetar Saat Kencing? Ini Penjelasannya 1

Kencing merupakan proses alami tubuh untuk mengeluarkan cairan sisa melalui proses urinasi. Namun pernahkah kalian tiba-tiba merasa sekujur tubuh merinding atau gemetar saat buang air kecil?

Reaksi tubuh gemetar saat kencing bukan disebabkan karena toilet yang kalian gunakan angker. Namun itu merupakan reaksi tubuh normal yang dialami setiap orang. Ada penjelasan ilmiah kenapa tubuh kita suka merinding dan gemetar saat kencing.

loading...

Penyebabnya adalah kombinasi antara perubahan suhu tubuh, kerja sistem saraf dan perubahan tekanan darah yang terjadi sekaligus dalam satu waktu. Maksudnya bagaimana, kurang paham nih?

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Risiko Bagi Tubuh Jika Suka Menahan Kencing!

Begini penjelasannya, suhu urine itu relatif hangat. Nah ketika kalian buang air kecil, otomatis suhu tubuh kalian ikut menurun karena air urine yang hangat dikeluarkan dari tubuh.

Perubahan suhu secara mendadak inilah yang memicu reflek tubuh sebagai cara alami untuk kembali menghangatkan tubuh. Karena itulah tubuh kalian mendadak gemetar saat buang air kecil.

Namun yang memicu respon gemetar bukan karena suhu tubuh saja. Melainkan karena sistem saraf yang membuat tubuh mendadak merinding dan gemetar.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Bahaya Kencing Sembarangan di Kolam Renang

Seperti dilansir dari Live Science, seorang dokter spesialis urologi di James Cook University Hospital, dr. Simon Fulford, menjelaskan bahwa kerja sistem saraf lah yang sebetulnya memunculkan sensasi bergetar saat kencing.

Nah bagaimana, kalian sudah paham sekarang? Itulah alasan kenapa sekujur tubuh kita suka gemetar saat buang air kecil. Jadi bukan karena ada makhluk halus atau karena toiletnya angker yah!

loading...
Loading...
Loading...