in ,

Jauhkan 4 Benda Ini Jika Tak Ingin Kulkasmu Meledak

Hati-Hati, Tiga Tanaman Mematikan ini Ada di Sekitar Kita

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang hampir dimiliki setiap rumah. Kulkas sendiri bukan hanya bermanfaat untuk membuat es batu atau air dingin, kulkas juga bisa menjadi tempat agar makanan jadi lebih awet seperti buah, sayur hingga daging.

Salah satu bagian penting dari kulkas adalah freezer. Freezer kerap kali digunakan untuk membuat atau menyimpan es, namun bisa juga dijadikan tempat menyimpan daging agar tahan lebih lama.

Namun tahukah kamu ada beberapa benda yang tak boleh dimasukan dalam freezer karena bisa membuatnya meledak? Berikut empat benda yang jangan kamu simpan dalam freezer!

loading...

1. Benda Tajam

Foto: expressrepair

Kamu pasti sering melihat freezer-mu dipenuhi dengan bunga es. Banyak orang yang menggunakan benda tajam seperti pisau untuk mencongkel dan membersihkan frreezer. Padahal cara ini salah dan bisa mengakibatkan kulkas meledak.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Simpan Daging Ayam di Rak Kulkas Paling Atas!

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa dalam freezer terdapat pipa gas isobutana yang jika tertusuk maka akan membuat kulkas meledak. Jika kamu jeli, biasanya terdapat peringatan di samping freezer untuk tidak mencongkel dengan benda tajam apapun.

2. Minuman Beralkohol

Foto: cbslocal

Minuman alkohol memang nikmat jika dikonsumsi dingin maka tak jarang banyak orang memasukannya dalam kulkas. Bahkan ada juga yang memasukannya dalam freezer yang ternyata sangat membahayakan.

Minuman beralkohol yang belum dibuka akan mengalami tekanan hebat karena cairan ekspansi saat disimpan dalam freezer. Hal ini bisa mengakibatkan kulkas meledak atau jika tekanan tersebut sangat besar, kulkas bisa terbakar.

3. Minuman Bersoda

Foto: fibrebroadband

Minuman bersoda sangat nikmat jika diminum saat cuaca terik ditambah saat mereka baru saja dikeluarkan dari kulkas. Minuman bersoda memang boleh dimasukan dalam kulkas namun tidak dalam freezer.

Baca Juga: 8 Makanan Yang Seharusnya Jangan Disimpan Dalam Kulkas

Minuman soda khususnya kaleng tidak boleh dimasukan dalam freezer karena bisa meledak di suhu yang rendah. Sama seperti minuman alkohol sebelumya, senyawa dalam minuman soda bisa mengembang dan memberikan tekanan yang cukup tinggi yang dapat memicu ledakan.

4. Dry Ice

Foto: deccanchronicle

Mungkin kamu tidak pernah menemukan benda satu ini di rumah. Tapi jika kamu memiliki jangan pernah untuk menaruh dry ice dalam freezer. Kenapa? Karena freezer akan memberikan efek sublimasi karena suhu dinginnya sehingga dry ice akan berubah dari padat menjadi gas.

Gas sisa sublimasi yang berlebihan akibat berubahnya dry ice menjadi gas akan memicu ledakan yang mampu membuat kulkas meledak.

loading...
loading...
Loading...
Loading...