in

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Wawancara Kerja, Atau Kamu Akan Ditolak

Ilustrasi wawancara kerja (foto: Getty Images/Thinkstock)

Mendapatkan pekerjaan impian pasti didambakan semua orang yang sedang mencari pekerjaan. Namun terkadang kita suka gagal mendapat pekerjaan impian itu. Namun hal itu bukan berarti Anda tidak mampu atau tidak terampil, melainkan Anda gagal dalam proses wawancara di salah satu perusahaan incaran Anda.

Oleh karena itu sebaiknya Anda perlu memparhatikan beberapa hal keliru yang sering dilakukan ketika melakukan wawancara kerja di salah satu perusahaan. Nah, berikut Wow Menariknya membagikan tips untuk Anda untuk tidak melakukan beberapa hal ini saat wawancara kerja agar tidak ditolak.

5. Tidak percaya diri

Mengalami masalah dalam hal percaya diri memang selalu dirasakan saat akan menjalani proses wawancara kerja. Meskipun keterampilan dan keahlian Anda terbilang istimewa, tetapi rasa percaya diri Anda kurang, mungkin perusahaan itu akan menolak Anda.

Karena rasa percaya diri Anda masih kurang, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan gaya bicara yang kikuk dan grogi. Hasilnya jawaban yang Anda berikan itu terkesan kurang bagus dan tidak memperlihatkan keahlian Anda dalam profesionalitas kerja yang Anda miliki.

Cukup sulit untuk membuat Anda lebih merasa percaya diri, satu-satunya cara yang biasa Anda lakukan adalah dengan berlatih. Anda bisa meminta teman-teman Anda untuk melatih seolah dalam wawancara sungguhan.

4. Membahas gaji

Biasanya pihak perusahaan akan memberikan penjelasan tentang gaji yang akan diberikan kepada posisi yang Anda lamar. Yang jangan Anda lakukan adalah protes atau meminta lebih terhadap gaji tersebut. Coba Anda pahami dengan baik penjelasan itu, karena Anda melamar posisi kerja itu berarti Anda sudah siap bekerja.

3. Datang terlambat

Tempat Anda akan melamar kerja juga akan menilai kedisiplinan Anda, karena mereka menuntut pekerja yang profesional dan selalu tepat waktu. Jika Anda datang terlambat dari waktu yang ditetapkan saat akan melakukan wawancara kerja, maka mereka akan menilai Anda tidak serius dalam hal pekerjaan. Mereka juga akan menganggap Anda tidak disiplin dan tidak profesional sehingga akhirnya Anda ditolak.

Jadi untuk menunjukkan bahwa Anda serius untuk menempati posisi kerja yang Anda lamar sebaiknya Anda datang lebih awal sebelum wawancara dimulai. Setidaknya 30 menit lebih awal atau bahkan satu jam Anda sudah siap di posisi.

2. Tidak memahami posisi yang dilamar

Posisi yang Anda incar harus benar-benar Anda pahami dan diteliti dengan baik. Jangan sampai saat Anda melakukan wawancara Anda tidak mengetahui secara detail dari posisi yang Anda incar tersebut, apalagi tidak sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Oleh karena itu Anda harus benar-benar yakin dengan posisi yang akan dilamar. Setelah itu Anda harus memahami betul secara keseluruhan dari posisi tersebut.

1. Memakai busana yang tidak tepat

Satu hari sebelum Anda melakukan wawancara kerja di salah satu perusahaan, sebaiknya Anda mencari informasi tentang buasana yang sudah diterapkan perusahaan tersebut. Disarankan Anda memakai busana formal dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Misalnya saja kameja dengan celana pentolan katun.

Loading...
Loading...