Inspirasi

Tak Peduli Seberapa Banyak Kekuranganmu, Tetaplah Jadi Diri Sendiri Dan Terus Lakukan yang Terbaik

Tak Peduli Seberapa Banyak Kekuranganmu, Tetaplah Jadi Diri Sendiri Dan Terus Lakukan yang Terbaik

Ketika melihat orang yang ada di atas kita, baik itu dari penampilannya, hartanya, jabatannya atau popularitasnya, kadang suka terlintas keinginan untuk jadi seperti dia, kayaknya enak jadi dia, hidupku pasti terasa sempurna.

Saat kita ingin jadi orang lain, sadar atau tidak sadar kita telah merendahkan dan tidak menghargai diri sendiri. Kamu tidak menganggap dirimu istimewa, kamu lebih menganggap orang lain lebih istimewa darimu.

Perumpamaannya begini, diri kamu itu selalu bersamamu setiap saat, menemanimu saat senang maupun duka, membantumu dan berusaha menjadikanmu lebih baik lagi.

Tapi karena kamu selalu melihat orang lain yang lebih tinggi di atasmu, kamu jadi merendahkan dirimu sendiri yang selalu bersamamu setiap saat.

“Aku mah apa atuh, segini adanya.”

“Ingin aku jadi seperti dia, tidak seperti aku yang sekarang.”

“Orang itu hebat banget, sedangkan aku apa?”

“Aku tidak seperti dia, aku mah udah segini kemampuannya.”

Baca Juga: Kamu Tak Sadar Suka Menyakiti Diri Sendiri dengan 5 Hal Ini

Mungkin salah satu perkataan di atas pernah kamu utarakan di dalam hatimu ketika melihat orang yang jauh lebih hebat darimu.

Jika pernah, secara tidak sadar kamu sudah merendahkan dirimu sendiri. Allah juga melarang lho kalau merendahkan diri sendiri itu, yang Allah sarankan rendah hati, bukan rendah diri.

Allah sudah menciptakanmu dengan sempurna. Dengan segala kelebihan dan kekuranganmu, jadikan itu modal untuk membuatmu jadi lebih baik ke depannya.

Tidak ada tuntutan untuk jadi sempurna sepenuhnya, yang ada hanya tuntutan untuk terus berusaha jadi orang yang lebih baik dengan menerima dirimu apa adanya.

Jika kamu miskin sekarang, berusahalan untuk merubah nasibmu. Jika kamu merasa hari ini jahat, esok harus berusaha jadi orang baik.

Orang lain hanya bisa dijadikan contoh, bukan untuk ditiru sepenuhnya. Jika dia punya sifat yang baik, contohlah sifat baiknya dengan cara kamu sendiri.

Apapun yang terjadi, seberapa banyakpun kekuranganmu, jangan pernah ingin jadi orang lain tak peduli seberapa habatnya dia, tetaplah jadi diri sendiri dan terus lakukan yang terbaik sesuai caramu sendiri.

Keinginan untuk seperti jadi orang lain hanya akan menyiksamu sendiri. Terimalah dirimu apa adanya, jika ada kekurangan, berusahalan untuk memperbaikinya, dan jika ada kelebihan, pertahankan dan jangan pernah sombong dengan semua kelebihanmu.

Allah memang tidak memperbolehkan kita bersifat sombong, tapi Allah juga tidak memperbolehkan kita untuk merendahkan diri.

To Top