Inspirasi

Sikap Tidak Peduli dan Suka Merendahkan Orang Lain Hanya Akan Melahirkan ‘Joker-Joker’ Baru

Sikap Tidak Peduli dan Suka Merendahkan Orang Lain Hanya Akan Melahirkan 'Joker-Joker' Baru

Sosok Joker sebenarnya mencerminkan orang-orang jahat yang ada di kehidupan nyata. Sebelum jadi jahat, Joker adalah sosok pria baik yang selalu mencoba untuk bahagia meski hidupnya dipenuhi tekanan.

Dia menderita gangguan syaraf karena penganiayaan yang dialaminya waktu kecil. Di tengah-tengah penderitaan yang dialaminya, tidak ada satupun orang yang peduli kepadanya. Orang-orang malah merendahkannya, menganggapnya tidak ada dan membuat hidupnya semakin menderita.

Karena hal itulah, dia yang tadinya baik berubah jadi sosok psikopat yang sangat jahat dan kejam. Sikap buruk orang-orang membuatnya berpikir bahwa di dunia ini tidak ada orang baik, tidak ada gunanya lagi jadi orang baik karena tidak ada yang mau menghargainya.

Kurangnya kasih sayang, tekanan hidup yang amat berat dan tidak ada orang yang mau peduli membuat hidup Joker semakin kelam.

Penderitaan dan kebencian tumbuh lebih pesat hingga menggeser sisi baik dalam diri Joker dan kemudian lahirlah sang Clown Prince yang terkenal kejam dan berdarah dingin.

Belajar dari kisah Joker, ternyata di dunia ini tidak ada yang terlahir sebagai orang jahat. Semuanya dilahirkan untuk jadi orang baik. Hanya saja lingkungan dan sikap orang lain bisa merubah seseorang yang tadinya baik jadi jahat.

Baca Juga: Kadang, Orang Jahat Itu Tercipta dari Orang Baik yang Disepelekan

Sikap Tidak Peduli dan Suka Merendahkan Orang Lain Hanya Akan Melahirkan 'Joker-Joker' Baru

Foto: DC Film

Joker hanyalah cerminan bagi orang-orang jahat yang ada di kehidupan nyata. Mereka tidak terlahir jahat, tapi mereka terbentuk jadi jahat karena banyak faktor. Kenyataan hidup yang amat pahit dan sikap buruk orang lain jadi penyebab mereka memilih jadi orang jahat.

Memang betul kata Tony Stark dalam film Iron Man 3, “We create our own demons”. Kejahatan tercipta karena prilaku kita sendiri. Jika kita suka merendahkan orang lain dan bersikap buruk, tak menutup kemungkinan kita akan menciptakan sosok-sosok Joker baru.

Oleh karena itu, jadilah orang yang selalu menghargai dan peduli terhadap sesama. Jika ada orang yang menderita, rangkulah dia dan bantulah dia melalui masa sulitnya, bukan mengabaikannya.

Andai kata Joker mendapatkan kasih sayang yang cukup dan ada orang yang betul-betul peduli terhadapnya, mungkin dia tidak akan jadi orang jahat seperti sekarang.

Sikap tidak peduli dan suka merendahkan orang lain hanya karena dia berbeda dengan kita, kita hanya akan menciptakan Joker-Joker baru. Semakin banyak Joker tercipta, semakin kacau dunia ini.

“Don’t create our own demons.”

To Top