Inspirasi

Mengintip Kerennya Kampus Binus Yang Ada Di Bandung

Mengintip Kerenya Kampus Binus Yang Ada Di Bandung

Binus University memang sudah tidak asing lagi, Binus University ternyata nggak hanya memiliki satu kampus aja lho! Ada 8 kampus binus yang tersebar di 3 kota besar di Indonesia. Salah satunya kampus di Bandung.

Kuliah di Jurusan Informatika memang menjadi salah satu impian sebagian pelajar di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat jurusan Informatika menjadi banyak diminati karena memiliki peluang karier yang sangat besar. Salah satu Universitas Informatika Swasta di Bandung yang banyak dicari adalah BINUS Bandung.

Kampus Binus Bandung, memiliki slogan sebagai Kampus Teknologi Kreatif. Kampus Binus Bandung menyediakan program S1 untuk Computer Science (Informatics), Visual Communication Design, Interior Design, Creativepreneurship dan tentunya program 2+1+1. Jadi, cocok banget kalau kampus ini menggunakan slogan Kampus Teknologi Kreatif karena memang semua jurusannya memadukan ilmu kreatif yang berbasis pada teknologi.

Mengintip Kerenya Kampus Binus Yang Ada Di Bandung

Buat kamu calon mahasiswa yang suka dengan semua ilmu atau jurusan kreatif tapi juga ingin selalu update tentang teknologi, kampus yang satu ini bisa sangat cocok buat kamu.

Visi dan misi dari kampus Binus Bandung adalah mendidik dan memastikan semua mahasiswa dan lulusannya menguasai semua skill penting untuk bersaing di abad ke-21 ini, alias 21st Century Education -providing 21st Century Skills – using 21st Century Pedagogy.

Jadi saat kuliah nanti kamu tidak  hanya sekadar mempelajari ilmu teori, kamu yang berkuliah di sana juga akan diasah untuk memiliki keterampilan (skills) yang akan sangat diperlukan di masa depan. Di antaranya adalah ketrampilan untuk memecahkan masalah yang kompleks (complex problem-solving skills), keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills), kreativitas (creativity), keterampilan mengelola modal insani (people management) dan berkoordinasi (coordinating others) dan sebagainya.

Di Binus Bandung juga memiliki program 2+1+1, lewat program ini kamu juga bisa merasakan pengalaman multikampus dan pengalaman profesional di luar kampus. Jadi, selama 2 tahun, kamu akan belajar di kampus Binus Bandung, lalu 1 tahun di Binus Malang atau Jakarta dan 1 tahun berikutnya kamu akan melakukan enrichment agar bisa jadi tenaga profesional yang siap kerja.

 

Untuk program enrichment sendiri, kamu akan bisa memilih untuk melakukan  Magang (Internship), Kewirausahaan (Entrepreneurship), Pengembangan Masyarakat (Community Development), Penelitian (Research) atau Kuliah di Luar Negeri (Study Abroad). Lalu untuk mencapai pembelajaran perkuliahan yang lebih baik dengan pedagogi yang baru diterapkan juga cara belajar flipped classroomfield-tripsliving laboratory dan sebagainya.

Mengintip Kerenya Kampus Binus Yang Ada Di Bandung

Apa aja sih yang akan kamu temui ketika kuliah di binus?

Menjadi Universitas Swasta Unggulan

Yang pertama adalah, BINUS Bandung ini menjadi salah satu universitas swasta yang unggulan. Banyak sekali universitas swasta yang menyediakan jurusan informatika, namun yang terbaik adalah di BINUS Bandung. Mengapa bisa menjadi universitas unggulan ?

Sebab, BINUS Bandung ini memberikan berbagai fasilitas untuk belajar dengan sangat maksimal, pembelajaran yang canggih, ramah terhadap mahasiswa, berbagai teknologi yang terbaru untuk proses belajar mengajar membuat universitas ini menjadi universitas yang unggul.

Selain itu, BINUS Bandung juga menghasilkan banyak sekali lulusan yang sangat berkualitas karena dalam pendidikannya menggunakan sistem yang sangat canggih. Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan ilmu teori saja akan tetapi juga dibekali ilmu praktik, ilmu etika, dan juga ilmu yang mengajarkan kearifan lokal.

Menjadi Universitas yang Mengusung Kearifan Lokal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, BINUS Bandung tidak hanya menjadi universitas yang mengajarkan ilmu-ilmu teori saja akan tetapi juga tetap mempertahankan kearifan lokal. BINUS Bandung memberikan ilmu informatika yang lengkap tanpa meninggalkan adat Sunda.

Jadi, setiap mahasiswa yang berkuliah di Bandung tidak hanya mendapatkan ilmu saja akan tetapi juga bisa mempertahankan adat dan budaya Sunda sehingga budaya Sunda tidak pernah hilang. BINUS Bandung sangat percaya dengan menanamkan pelajaran budaya Sunda untuk anak-anak muda membuat budaya Sunda tidak pernah hilang, saat ini para anak muda lebih open minded sehingga mudah menerima adat budaya sebagai identitas mereka.

Menyediakan Tingkat Pendidikan dengan Teknologi Kreatif

Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran di BINUS Bandung tidak serta merta kuliah seperti mahasiswa pada umumnya. BINUS Bandung sangat memperhatikan kualitas pendidikannya dengan menggunakan berbagai jenis teknologi kreatif dengan memperhatikan pula bagaimana suasana belajar yang kreatif dan inovatif.

Para mahasiswa BINUS Bandung dalam pembelajarannya juga menggunakan layanan profesional yang berbasis ICT (Information and Communications Technology yang sangat baik dan mendukung mahasiswa menjadi lebih kreatif dan juga inovatif. Oleh karena itu, mahasiswa yang lulus dari BINUS University memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat mumpuni. Dengan segala fasilitas dan kuantitas pembelajaran yang sangat baik dan sangat canggih.

Tidak Hanya Kuliah saja, di BINUS Bandung juga Mengembangkan Karakter yang Siap Kerja

Tidak hanya kuliah saja, para mahasiswa yang kuliah di informatika BINUS Bandung juga sangat diperhatikan masa depannya. Jadi, mereka tidak hanya dibekali dengan ilmu yang teoritis saja tetapi juga dibawa ke dunia kerja secara real sehingga saat mereka memasuki dunia kerja tidak kaget karena memiliki bekal yang sudah sangat baik.

Hal ini dikarenakan BINUS Bandung telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan dan juga universitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga bisa memberikan pengalaman yang bagus untuk keterampilan mahasiswa di bidang pekerjaan. Oleh karena itu, lulusan BINUS Bandung sangat kompeten saat masuk di dunia kerja.

Memberi Kontribusi Penelitian di Bidang Informatika

Saat ini, teknologi informasi mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat signifikan. Banyak ahli yang berlomba-lomba melakukan penelitian dan juga menciptakan berbagai alat yang canggih sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sangat mudah. Namun, hal tersebut banyak terjadi di luar negeri saja, Indonesia masih sangat kurang untuk bidang teknologi seperti itu.

Namun, BINUS Bandung tidak bisa terus diam, Universitas ini juga memberikan kontribusi untuk mahasiswanya yang ingin melakukan berbagai penelitian di bidang informatika sehingga Indonesia tidak akan kalah saing dengan teknologi dari luar negeri. Dengan adanya kontribusi dari kampus, maka Mahasiswa juga akan lebih semangat dan giat belajar karena sangat didukung.

Tidak Hanya Akademik, Jiwa Sosial Mahasiswa juga Dikembangkan

Walaupun dalam intinya kuliah ini banyak belajar di bidang teori, Mahasiswa BINUS Bandung juga sangat ditekankan untuk memiliki jiwa sosial yang baik terhadap masyarakat sehingga Mahasiswa tidak hanya melakukan praktik di perusahaan-perusahaan saja akan tetapi juga akan dibawa langsung terjun ke masyarakat agar menciptakan rasa tanggung jawab anak muda terhadap masyarakat sekitar.

Dengan pengabdian masyarakat, para mahasiswa akan mendapatkan ilmu sosial sehingga nantinya mereka tidak hanya peduli dengan diri sendiri dan juga kariernya saja akan tetapi juga peduli dengan masyarakat pada umumnya. Biasanya Para mahasiswa diajak untuk melakukan pengabdian masyarakat di area Jawa Barat agar dalam memanfaatkan teknologi kreatif dan agar mahasiswa tahu tentang kearifan lokal Sunda.

Alamat Kampus Binus di Bandung : Jl. Pasirkaliki No.25-27, Paskal Hyper Square, Bandung. Karena letaknya yang di pusat kota dan dekat dengan tempat asyik di Bandung, jadi kamu nggak akan kebingungan untuk mencari makanan enak ataupun ngumpul bersama teman-temanmu nanti.

To Top