in ,

Mengeluh Tanpa Usaha Itu Percuma, Semuanya Akan Berakhir Sia-Sia

Mengeluh Tanpa Usaha Itu Percuma, Semuanya Akan Berakhir Sia-Sia
Foto: unflash.com

Hidup itu ada kalanya bahagia, ada kalanya susah. Keduanya akan terus silih berganti selama kita hidup di dunia ini, itulah kenyataan yang tidak bisa dihindari. Hanya saja bagaimana kita menyikapi kedunya.

Ketika bahagia, bagaimana caranya kita agar tetap rendah hati dan bersyukur. Dan ketika susah, bagaimana caranya kita tidak mengeluh dan tetap semangat menjalani hidup ini dengan penuh rasa bangga dan bersyukur.

Namun kebanyakan dari kita hanya bisa bersyukur saat mendapatkan kebahagiaan saja, sangat jarang ada yang bersyukur saat diterpa kesusahan. Kita hanya bisa mengeluh dan menyalahkan keadaan.

Baca Juga: Jangan Sedih Hidup Susah Sekarang, Mungkin Kita Sedang Ditempa Untuk Jadi Orang Hebat di Masa Mendatang

Mengeluh itu adalah sifat manusiawi kita, wajar saja ada rasa mengeluh ketika kita dihadapkan dengan permasalahan. Namun yang salah itu, kita terus-terusan mengeluh tanpa melakukan apa-apa, sementara kita sendiri terus-terusan menyalahkan keadaan dan menganggap hidup itu tidak adil.

Terus mengeluh itu sia-sia

Mengeluh Tanpa Usaha Itu Percuma, Semuanya Akan Berakhir Sia-Sia
Foto: unflash.com

Kita harus sadar bahwa mengeluh tanpa usaha itu percuma, semuanya hanya akan berakhir sia-sia. Tidak akan ada yang berubah dalam hidupmu, kamu hanya akan terus terpuruk dan terlarut dalam kesedihan.

Jalan kehidupan itu tak akan selalu seperti yang kitai nginkan karena kehidupan ini bukan milik kita, melainkan milik Yang Maha Kuasa. Sang Pencipta menciptakan senang dan susah seperti siang dan malam.

Baca Juga: 6 Lelah yang Sangat Disukai Allah, Tak Ada Alasan Lagi Untuk Mengeluh!

Jika kamu dibiarkan hidup bahagia terus, Tuhan takut kamu akan jadi orang yang terlalu mencintai dunia ini dan lupa akan tempat asalmu. Tuhan takut kamu jadi banyak melupakan-Nya.

Oleh karena itu, kadang Tuhan menguji kamu dengan kesusahan, ketakutan dan kesedihan agar kamu selalu bersujud dan berdoa kepada-Nya. Tuhan ingin kita jadi orang yang selalu berdoa, berusaha dan terus berjuang sepanjang hidupnya.

Karena yang membuat manusia berharga di depan Tuhan itu bukan karena hartanya, jabatannya atau karena dia tidak pernah melakukan kesalahan. Melainkan karena dia terus bangkit dari keterpurukan dan terus memperbaiki kesalahannya.

Loading...
Loading...