Inspirasi

Kita Ingin Kaya Bukan Karena Ingin Mendapatkan Segalanya, Tapi Ingin Memberi Lebih Banyak

Kita Ingin Kaya Bukan Karena Ingin Mendapatkan Segalanya, Tapi Ingin Memberi Lebih Banyak

Setiap orang jika ditanya, “apakah kamu ingin kaya?” Pasti semuanya menjawab iya, tidak mungkin ada yang berkata tidak. Lalu jika ditanya lagi, “kenapa kamu ingin kaya, apa yang akan kamu lakukan dengan kekayaanmu?”

Jauh dalam lubuk hati kita, kebanyakan orang ingin kaya itu karena ingin bisa membeli segalanya, mendapatkan segalanya karena semua itu dianggap bisa membuatnya bahagia. Kekayaan bisa membuatnya jauh dari kesengsaraan yang menyiksa.

Kalau sama orang kaya, orang lain juga akan hormat dan segan. Ada apa-apa tidak akan susah, semuanya seolah bisa didapatkan dengan uang. Berbeda kalau miskin, takutnya nanti hidup kita jadi susah.

Padahal, kebahagiaan itu tidak bisa diukur dari seberapa banyak harta yang dimilikinya, tapi kita juga jangan munafik, kita juga ingin kaya yah. Sah-sah saja kok ingin kaya itu, cuma sedikit rubah niat tujuan kita ingin kaya.

Dari yang awalnya ingin bisa membeli dan mendapatkan segalanya, ubahlah niatnya jadi ingin memberi lebih banyak lagi. Ketika niat kita ingin kaya karena ingin banyak memberi, Allah pasti akan memberikan kemudahan kepada kita dalam mencari rezeki.

Baca Juga: Ini Ayat Al-Quran yang Menjelaskan Kalau Sedekah Bisa Membuatmu Kaya

Percayalah, bisa membantu orang yang membutuhkan itu jauh lebih membahagiakan dari apapun. Ketika tangan kita memberikan sesuatu, ada kebahagiaan tersendiri yang tidak bisa dipikirkan oleh logika.

Namun kebahagiaan memberi itu tidak akan bisa dirasakan oleh orang-orang yang kikir atau pelit. Oleh karena itu jangan jadi orang yang pelit. Belajarlah jadi orang yang suka memberi, jangan takut kamu jadi miskin karena banyak memberi, tidak ada kejadian orang jatuh miskin karena banyak memberi.

Contohnya saja Bill Gates, dia menyumbangkan sekitar 70 persen hartanya untuk amal, tapi ia tetap menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia.

Asalkan kalian tahu, memberi itu justru bisa membuat kita kaya. Asalkan niatnya betul-betul ikhlas, bukan karena ingin dipuji atau ada kepentingan di balik pemberian tersebut.

Kalau kamu masih gak percaya memberi itu bisa mendatangkan kebahagiaan, buktikan saja sekarang. Belajarlah memberi dengan hati yang ikhlas, lalu apa yang kamu rasakan?

Jadi kamu ingin kaya itu niatnya ubah yah, bukan karena ingin bisa membeli segalanya, tapi karena ingin memberi lebih banyak lagi.

To Top