in

Kisah Pengemis yang Pergi Naik Haji ke Tanah Suci

Ilustrasi

Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci memang menjadi kewajiban setiap umat muslim di seluruh dunia. Namun banyak orang yang mengeluh dengan ongkos berangkatnya yang mahal. Ya, meskipun sangat mahal tapi jika kita terus berusaha pasti suatu saat impian Anda untuk pergi ke Tanah Suci akan terkabul, seperti yang dialami pengemis ini.

Mohammed Saeed, pria berusia 70 asal India hanyalah seorang pengemis jalanan bukan seorang yang berlimpah harta yang bisa pergi ke Tanah Suci semaunya. Namun, hal itu tidak membuat Saeed memutuskan impiannya untuk pergi ke naik haji.

Seperti dikutip Dream dari Saudi Gazette, Saeed dan istrinya pergi naik haji ke Tanah Suci tahun ini setelah bertahun-tahun memperjuangkan impian mulianya itu.

Bahkan Saeed mengaku harus menjual ladang sempit miliknya. Padahal ladang itu satu-satunya sumber penghidupan keluarganya. Mereka rela melakukan semua itu karena ini merupakan satu-satunya kesempatan untuk pergi naik haji ditambah umur mereka yang terus bertambah.

Mohammed Saeed

“Pengorbanan kami murni karena Tuhan. Kami bahagia melakukan itu agar bisa ke Saudi naik haji,” ujar Saeed.

Sesampainya di Tanah Suci, Saeed selalu teringat ketika puluhan tahun berjuang mengumpulkan uang untuk menunaikan rukun Islam ke lima ini. Dia harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang namun tak cukup-cukup.

Saeed dan istrinya sangat yakin bahwa Allah akan mengganti ladang yang ia jual ketika mereka pulang dari Tanah Suci.