in ,

Ketika Hidupmu Terasa Berat, Ingatlah 5 Hal Ini Untuk Mendongkrak Kembali Semangatmu

Saat hidup terasa berat, saat cobaan tak kunjung berakhir, semangat hidup kamu pasti terpatahkan. Tubuh terasa letih untuk melangkahkan kaki, hati selalu diselimuti perasaan cemas dan gelisah, dan rasanya kamu seperti orang paling susah di muka bumi.

Kadang kala kamu suka membayangkan kenapa hidupmu tak seperti mereka yang terlihat bahagia. Kenapa hidupmu terasa susah sekali, kenapa permasalahan ini tak kunjung menemui akhir. Setelah direnungkan, ternyata permasalahan hidup akan terus menghampiri kita selama kita hidup di dunia ini.

loading...

Beres permasalahan yang satu, permasalahan yang lain muncul dan akan begini seterusnya. Sebenarnya, berat atau tidaknya suatu permasalahan tergantung dari kitanya sendiri. Jika kita menganggapnya berat, permasalahan kecilpun akan terasa besar.

Ketika hidupmu terasa berat, hidup terasa susah dan susah, ingatlah beberapa hal ini dan kemudian renungkan dengan sepenuh hati.

Baca Juga: Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

1. Lihat orang yang berada di bawahmu, penderitaanmu belum ada apa-apanya dibandingkan mereka

Foto; poskotanews.com

Hidupmu terasa susah karena kamu selalu melihat orang lain yang berada di atasmu. Coba lihatlah orang yang berada di bawah kita, mereka yang jauh lebih sengasara dari kita, mereka yang udah merasa bahagia ketika menemukan sisa makan di tempat sampah. Tidur pun hanya digubuk reyot atau dikolong jembatan. Tapi mereka tetap bisa merasakan kebahagiaan.

2. Yakinilah kalau hari ini kamu susah, besok pasti senang

Foto: pxhere.com

Setiap ada kesulitan, pasti ada kemudahan. Ini bukan sekedar kata-kata bijak, tapi firman Allah yang sudah dipastikan kebenarannya. Jangan sedih ketika hari ini kamu susah, teruslah optimis kalau esok hari kamu akan menemukan kebahagiaan. Tuhan itu menyukai orang-orang yang tidak berputus asa.

3. Syukuri saja biar hati tenang, karena gak disyukuri juga gak akan merubah keadaan

Foto: islamidia.com

Jangan kesal ketika dihadapkan dengan permasalahan, syukuri saja apapun itu walau berat menerimanya. Setidaknya dengan bersyukur, hati akan lebih tenang dan pikiran lebih jernih. Karena gak disyukuri juga gak akan merubah keadaan, tapi hati kamu semakin jauh dari ketenangan.

Baca Juga: Saat Usiamu Sudah Tua, Semua Kesuksesan yang Kamu Raih Hanyalah Ilusi

4. Terima kenyataan, buatlah perubahan dan teruslah berusaha

Foto: pxhere.com

Hal yang harus kamu lakukan agar bisa merubah nasib yaitu menerima kenyataan yang sekarang sedang kamu hadapi. Kemudian teruslah berusaha untuk membuat perubahan dan jangan berputus asa meski berulang kali mengalami kegagalan.

5. Ingat, kematian akan memisahkanmu dari kesusahan. Mumpung masih hidup, kejarlah Allah untuk mendapatkan kebahagiaan setelah kematian.

Foto: iphincow.com

Mau yang senang atau susah, tetap semuanya akan mengerucut menghadapi kematian. Ketika datang kematian, semua kesenanganmu di dunia ini akan ditinggalkan, dan semua kesusahanmu akan berakhir. Setelah kematian, hanya ada dua pilihan, senang atau susah. Kalau senang, akan senang terus, kalau susah, akan susah terus.

Mumpung masih hidup di dunia ini, kejarlah Allah untuk mendapatkan kebahagiaan sesungguhnya kelak di akhirat nanti. Jangan bersedih jika hidupmu sekarang susah karena semua yang ada di dunia ini hanya sementara.

loading...
Loading...
Loading...