Inspirasi

Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

Setiap orang pasti punya mimpi dan tujuan hidup, namun tak semua orang bisa menggapai mimpinya. Ada yang ragu ketika mulai melangkah, ada yang sudah melangkah tapi gagal di tengah perjalanan dan ada juga yang berhasil meraih mimpinya.

Ketika pertama kali melangkahkan kaki untuk menggapai mimpimu, di sana kamu akan merasakan keraguan. Apakah langkahmu itu sudah benar atau tidak, apakah kamu akan berhasil atau tidak, apakah ini adalah pilihan yang tepat atau bukan.

Kebimbangan akan menghiasi hatimu. Hanya orang yang teguh pendiriannya dan yakin pada dirinya sendiri yang bisa mengalahkan keraguan itu.

Dan ketika kamu berhasil mengalahkan keraguan itu, kamu teruskan langkahmu menuju mimpimu. Kesulitan satu per satu mulai menghadangmu, berusaha membelokanmu dari mimpimu.

Baca Juga: Insyaallah, Kisah Ini Jadi Kabar Gembira Bagi Orang Miskin yang Tetap Beriman dan Bersabar

Kamu seolah menemukan persimpangan jalan. Kamu bingung dengan jalan mana yang harus diambil karena hanya ada satu jalan saja yang menuju mimpimu.

Hidup itu tidak bisa sendirian, kamu butuh orang lain untuk mewujudkan mimpimu.

Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

Foto: pinterest.com

Di situ kamu merasa takut salah, bimbang dan dihinggapi keraguan lagi. Di situ pula kamu sadar bahwa hidup ini tidak bisa sendirian, kamu membutuhkan pertolongan orang lain untuk membantumu memilih jalan yang benar.

Setelah melanjutkan perjalananmu, tak selamanya yang datang menghadangmu berupa kesulitan. Ada kalanya kamu mendapatkan kebahagiaan dalam perjalanan tersebut.

Kadang kala, banyak orang yang terbuai dengan kesenangan yang mereka temukan di pinggir jalan. Mereka lupa dengan perjalanan mimpinya dan memilih berhenti di situ.

Tapi ternyata kesenangan itu tak bertahan lama. Kamu mulai kehilangan arah akibat terbuai kesenangan itu. Kamu sadar bahwa itu bukan tujuanmu, dan perjalananmu masih jauh.

Saat mau mulai melangkahkan kaki kembali, keraguan dan kebingungan kembali menghadangmu. Apa yang harus aku lakukan, aku seperti lupa jalan. Kamu sadar kesenangan itu hanya menipumu.

Kemudian ada orang terdekatmu yang memberikan semangat lagi hingga kamu mau melangkahkan kaki kembali.

Rintangan akan semakin berat ketika langkahmu sudah sangat jauh.

Kesabaran Adalah Kekuatan Untuk Menjaga Mimpi Agar Tetap Hidup

Foto: pinterest.com

Semakin jauh melangkah, semakin banyak rintangan menghadangmu. Kamu akan menemukan berbagai macam kesulitan di luar prediksimu. Kamu tidak tahu bagaimana cara menghadapi semua kesulitan itu.

Baca Juga: Sabar Tidak Ada Batasannya, Jika Ada Seperti Apa Batasan Sabar Itu?

Hingga kesulitan itu telah membuatmu lelah, gelisah dan berputus asa. Kamu merasa tidak punya kaki lagi untuk melangkah, kamu merasa kesulitan yang engkau alami adalah yang paling sulit. Kemudian kamu kembali menghentikan langkahmu untuk mengejar mimpi.

Perjalanan mengejar mimpi ini bagimu sudah berakhir, tak ada lagi yang bisa diperjuangkan karena diperjuangkan juga akan percuma saja. Tak ada gunanya lagi mengejar mimpi yang bodoh ini yang tidak mungkin bisa aku raih.

Di saat kamu sedang berputus asa, lalu tiba-tiba datang lagi orang yang memberikanmu semangat. Orang itu berkata kepadamu, “Kesabaran adalah kekuatan untuk menjaga mimpimu agar tetap hidup. Ketika kamu sudah kehilangan harapan, berarti kamu sudah tidak sabar lagi.”

Entah bagaimana, perasaan menggebu-gebu untuk mengejar mimpi tiba-tiba muncul lagi. Rasanya kamu memiliki tenaga berkali-kali lipat dari sebelumnya untuk berlari mengejar mimpimu. Karena kamu berlari, akhirnya mimpimu tercapai dengan cepat.

Kamu menyadari kesulitan yang kamu hadapi itu sebenarnya untuk memberikan tenaga untukmu agar kamu tidak terus-terusan melangkahkan kaki, tapi agar kamu mau berlari.

Kamu menyadari alasan kenapa kesulitan yang kamu hadapi terasa amat berat, itu karena kamu tidak sabar. Kesabaran adalah kekuatan yang akan menjaga mimpimu agar tetap hidup, yang akan menjaga langkahmu agar tetap maju, sesulit apapun masalah yang kamu hadapi.

Kamu juga menyadari bahwa orang yang selama ini selalu membantumu, pada hakikatnya mereka digerakan oleh Tuhan yang ingin membantuku. Tapi kadang kala ada orang yang juga merugikanmu, tapi kemudian Tuhan menggantinya dengan orang yang lebih baik.

Tapi justru kesenangan yang kamu anggap baik, ternyata malah mencelakakanmu. Sedang kesulitan yang amat pahit malah memberikanmu tenaga berkali-kali lipat.

Yang jadi pertanyaan, apa yang akan kamu lakukan setelah meraih mimpimu?

Loading...
Loading...
To Top