in ,

Aksi Jemaah Haji Asal Jepang Pungut Sampah Ini Bikin Salut

Jemaah haji memungut sampah di Kota Suci Mekkah

Orang Jepang terkenal dengan budaya disiplinnya dan sangat mencintai lingkungan yang bersih. Jika mereka menemukan satu sampah tergeletak di jalan, pasti mereka akan membuangnya ke tempat sampah.

Hal itu terbukti ketika timnas Jepang bertanding di Piala Dunia 2018 kemarin. Para suporter dari Negeri Sakura itu gotong royong memungut sampah yang berserakan di stadion setelah pertandingan selesai.

Ternyata, kebiasaan baik orang Jepang ini memang bukan hal aneh lagi di negeri mereka sendiri. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah adalah kewajiban setiap orang. Karena rasa malu yang amat besar, orang Jepang tidak berani membuang sampah sembarang.

loading...

Begitu pula yang dilakukan jemaah haji asal Jepang ini di mana ia terlihat memungut sampah yang ditemukannya di jalan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci kemarin.

Aksi muslim Jepang itu sempat terekam oleh jemaah haji lain yang tampaknya berasal dari Indonesia berdasarkan suara dari latar belakang video tersebut. Rekaman itu pun langsung viral setelah diunggah ke halaman Facebook Ustadz Online.

“Ketika muslim Jepang naik haji,” tulsi caption video tersebut.

Dalam rekaman berdurasi 1 menit 28 detik itu memperlihatkan seorang jemaah haji perempuan yang memakai rompi berlambangkan negara Jepang. Dia sedang berjalan bersama asistennya di sekitar Mekah.

Setiap kali ia menemukan sampah tergeletak di jalan, ia akan mengambilnya dan kemudian memasukannya ke dalam kantong sampah yang dibawa asistennya

Aksinya itu sontak saja mengundang decak kagum netizen Indonesia. Banyak warganet yang membandingkan sikap jemaah haji asal Jepang itu dengan orang Indonesia yang suka membuang sampah sembarangan.

“Subahanallaah…ke tanah suci niat ibadah….apapun di lakukan dengan hati sama ajah ibadah….semoga jadi contoh bagi siapa pun…mau di tanah suci atau di mana saja…bersih itu indah,” komentar akun Supriadi C’tarabalaga.

Ini lah budaya orang Jepang disiplinnya itu yg engga tahan melihat sampah aja pasti d bersihin..bagus buat contoh kita orang indonesia,” tulis komentar akun Hendra Jaya.

Kita semua tahu kalau kebersihan adalah sebagian dari iman. Memungut sampah yang ditemukan dijalan sudah termasuk beribadah jika niatnya karena Allah.

Semoga apa yang dilakukan muslimah asal Jepang itu jadi contoh buat kita semua!

 

loading...
Loading...
Loading...