Inspirasi

Inilah 6 Cara Cerdas Menyimpan Uang agar Cepat Kaya

Inilah 6 Cara Cerdas Menyimpan Uang agar Cepat Kaya

Dunia finansial atau keuangan bisa menjadi persoalan rumit bagi banyak orang. Asuransi, kartu kredit dan masih banyak lainnya. Tapi sebenarnya tidak sesulit itu untuk mulai membentuk rencana keuangan efisien yang bisa menguntungkan kamu di masa depan nanti.

 

Berikut ini adalah beberapa kumpulan pelajaran keuangan dari orang-orang yang berhasil menabung uangnya dengan baik, dan bisa mengolahnya untuk masa depan mereka. Berikut 6 cara cerdas menyimpan uang agar cepat kaya.

Baca Juga : Inilah Cara Sederhana Raih Kebahagiaan dari Uang yang Kamu Miliki

1. Jangan Gunakan Kartu Kredit, Lebih Baik Pakai Tunai

Kathleen Elkins, yang merupakan reporter CNBC Make It membuat sebuah tantangan untuk dirinya sendiri untuk bisa menghemat USD 60 dalam seminggu di kota New York.

Dalam video tantangannya tersebut, salah satu hal yang bisa dipelajari adalah, dirinya banyak memfokuskan pengeluaran kepada kebutuhan yang lebih penting.

Seperti makanan, laundry pakaian, bahan makanan sehari-hari dan bensin. Semua kebutuhan tersebut membutuhkan kurang lebih USD 40 , dan sisa USD 20 nya dia gunakan untuk kegiatan sosial, seperti pergi ke museum dan memberikan kado kepada ayahnya.

2. Perhatikan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Banyak ahli perencana keuangan personal menyarankan bahwa setidaknya 10 persen dari penghasilan harus menjadi pengeluaran untuk kepentingan diri sendiri. Entah itu kebutuhan makanan, kesehatan, pakaian, dan lain-lain.

3. Berpikir Jangka Panjang

Seorang jutawan sekaligus penulis buku, Grant Cardone menyarankan jangan pernah berfikir, jika kamu menghemat untuk membeli sebuah barang kesukaan ataupun kebutuhan sehari-hari, maka kekayaan akan datang cepat. Dirinya menyarankan untuk fokus kepada tabungan dan tingkat pendapatan kamu terlebih dahulu.

Baca Juga : Terungkap, Ini Dia Alasan Pria Tidak Suka Perempuan Bertubuh Kurus

4. Cari Pendapatan Lebih

Memang tidak banyak orang punya kesuksesan seperti Jay Leno, yang merupakan mantan host Tonight Show sekaligus komedian.

Tapi kamu bisa belajar untuk membiasakan pengolahan keuangan dengan baik semenjak dini, seperti Leno yang dulu sempat menjadi komedian amatir.

“Saat saya masih muda, saya selalu menabung uang dari penghasilan dari kerja dealer mobil, dan membelanjakan pendapatan dari menjadi komedian,” kata dia.

“Saat saya sudah jauh lebih terkenal, pekerjaan sebagai komedian ternyata menghasilkan jauh lebih banyak dari dealer mobil, jadi akhirnya penghasilan komedi saya tabung, dan uang dealer saya belanjakan,” tambah Leno.

Kebiasaan tersebut pun terus dilakukan hingga dirinya menjadi host Tonight Show NBC. Uang komedinya menjadi pengeluaran, dan penghasilan sebagai host dari acara talkshow dijadikan sumber tabungan.

Sampai sekarang pun, dirinya belum pernah membelanjakan sepeser pun penghasilannya darimenjadi host Tonight Show.

5. Bikin Simpanan Otomatis

“Otomatisasi itu perlu,” tulis Grant yang menulis buku Millenial Money, dan berhasil mengumpulkan dari USD 2,26 menjadi USD 1 juta di tabungannya hanya dalam 5 tahun.

“Saat pertama kali saya menabung dan investasi, saya lebih old school. “Saya mencoba untuk sebanyak mungkin menabung di rekening tabungan online, dan prosesnya saat itu masih cukup manual, tapi sekarang kalau bisa saya akan otomatisas tabungan lebih sering lagi,” jelas Grant.

6. Cari Tahu Prioritas Kebutuhan

Sebuah pasangan berhasil menabung USD 1 juta ke dalam tabungannya dalam waktu 4 tahun, jadi mereka bisa pensiun di umur 43.

Latar belakang kesuksesan tersebut datang karena mereka tidak suka dengan pekerjaan mereka dan ingin berhenti secepatnya. Dari alasan tersebut mereka pun hanya membelanjakan uang hanya untuk kebutuhan prioritas dan sisanya masuk tabungan.

Jika kamu sudah tahu, apa hal yang menjadi prioritas dalam hidup kamu, membelanjakan dan menabung dapat dilakukan dengan lebih mudah. Sehingga nantinya kamu mempunyai kebebasan finansial pribadi.

To Top