Inspirasi

Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika di Kantor Ada yang Membencimu

Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika di Kantor Ada yang Membencimu

Tidak dipungkiri waktu yang dihabiskan di kantor lebih panjang dibandingkan dengan waktu yang digunakan untuk aktivitas lainnya di kehidupanmu. Tentu suasana kerja dan hubungan di tempat kerja sangatlah penting. Karena hal-hal tersebut menjadi indikator dari kenyamananmu dalam bekerja.

Tetapi seperti kehidupan sosial pada umumnya, tidak semua orang dapat kamu senangkan hatinya. Kadang kala kamu berbeda pendapat dengan orang lain, bahkan tanpa disadari ada orang lain yang tidak nyaman dengan keberadaanmu.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kesalah pahaman, kurangnya empati, ego dan kepentingan masing-masing yang tidak bisa dikompromikan.

Apabila hal ini terjadi padamu, ada baiknya kamu merenungkan kembali sikapmu dengan rekan kerja atau dengan atasanmu. Sembari merenungkan kembali, kamu dapat melakukan hal-hal berikut untuk menyikapi jika ada rekan kerjamu yang tidak menyukaimu.

1. Jangan Bereaksi Berlebihan

Mengetahui ada rekan kerja atau bahkan atasan yang kurang menyukaimu memang membuat kurang nyaman. Dalam hati kamu pasti bertanya-tanya salah apa bahkan harus bagaimana. Belum lagi kalau rumor tidak baik tentangmu tersebar di lingkungan kerjamu.

Cara yang paling sederhana adalah stay calm, jangan mudah terpancing emosi. Tetap bijaksana dan merenung terlebih dahulu mengetahui kondisi apa yang sebenarnya terjadi.

2. Fokus Bekerja dan Berprestasi

Memikirkan penilaian orang lain malah mengacaukan fokus dalam bekerja. Mungkin tadinya kamu sudah punya beberapa langkah untuk mencapai target kerjamu, semakin kacau kalau kamu sampai sakit karena memikirkan penilaian buruk itu.

Harusnya targetmu tercapai, dan kamu capai prestasi kerjamu, malah menjadi korban intimidasi penilaian salah dari orang lain.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah, Hasilnya Lumayan Lho!

3. Bersikap Profesional

Namanya bekerja tentu dituntut bekerjasama dengan rekan kerja lainnya. Yang menjadi sulit adalah kalau kamu harus bekerjasama dengan rekan kerja yang kurang akur denganmu ataupun dia tidak menyukaimu.

Tapi pekerjaan tetaplah pekerjaan yang harus diselesaikan, dan ada target di dalamnya. Kamu harus menyampingkan perasaanmu, dan tetap profesional menyelesaikan pekerjaanmu.

4. Jangan Bawa Masalah ke Rumah

Sudah di kantor kepikiran, pulang ke rumah masih saja kepikiran masalah dan rekan kerja yang memusuhimu. Rumah adalah tempat terbaik untuk menghilangkan penat, jangan sampai terbawa suasana dan ikut-ikutan jengkel dengan aktivitas keluargamu dirumah.

5. Ingatlah Mereka Hanya Manusia Biasa

Namanya juga manusia, punya isi pikiran dan sudut pandangnya masing-masing. Sulit untuk memaksakan suatu kehendak apalagi memaksakan penilaian orang lain terhadap kita.

Ada baiknya mencoba membicarakan semua, cari waktu yang tepat, atau bisa minta tolong kepada orang lain untuk menjadi penengah.

Siapa tahu masalah sebeneranya hanyalah sepele, namun karena tak kunjung dibicarakan menjadi masalah yang berlarut-larut dan rumit.

Selain hal-hal tadi, ingatlah komunikasi selalu menjadi kunci di setiap relasi. Jika kamu mengalaminya, pastikan sudah membicarakan masalahmu dan tidak terjebak dengan asumsimu sendiri yang belum tentu benar. Tetap semangat ya.

To Top