Inspirasi

Ini Dia Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Ini Dia Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Beberapa waktu lalu banyak masyarakat khususnya kaum hawa yang menggunakan cuka apel sebagai rangkaian perawatan kulit mereka. Sebenarnya manfaat dari cuka apel sudah diketahui sejak dulu seperti mengatasi jerawat, mengatasi iritasi, hingga menyeimbangkan pH kulit.

Cuka apel ini sebenarnya adalah fermentasi dari sari apel yang kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, C dan E. Fermentasi apel ini dibantu oleh bakteri dan ragi yang mampu memecah gula dalam sari apel menjadi alkohol. Selain vitamin, fermentasi sari apel yang telah menjadi cuka ini kaya akan tembaga, magnesium, kalium, kalsium, pektin, bioflavonoid, natrium, klorida dan fosfor.

Apa saja manfaat yang kita dapat dengan menggunakan cuka apel?

Ini Dia Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Foto: hellomagazine.com

Cuka apel yang kaya akan vitamin dan nutrisi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Tingkat asam yang dimiliki oleh cuka akan mengeringkan noda pada wajah kemudian menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih Saja Selama Satu Bulan

Selain atasi jerawat, cuka apel juga dapat mengatasi masalah iritasi kulit, menyeimbangkan pH dan pelepuhan. Nah, hal ini bukan hanya dapat diaplikasikan pada wajah namun juga pada tubuh lho.

Bagaimana cara untuk mengaplikasikan cuka apel untuk kulit dan wajah?

Ini Dia Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Foto: lapoup.com

Untuk kamu yang ingin menggunakan cuka apel untuk merawat tubuh, kamu bisa mencampurkan cuka apel dalam bathtub dengan air. Kemudian berendamlah sekitar 15 menit. Ini akan membantumu mencegah iritasi, selain itu jika kamu menggunakannya secara rutin maka kulitmu bisa semakin sehat dan bersinar.

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Santan Kelapa Untuk Kecantikan

Sedangkan untuk wajah, khususnya yang berjerawat, kamu bisa menggunakan cuka apel organik yang tidak disaring dan tidak dipasteurisasi. Dengan cuka ini kamu akan membuat toner. Tuangkan kurang lebih satu sendok makan cuka ke dalam wadah atau botol kemudian campur dengan air mineral dengan perbandingan 1:2 atau 1:3. Untuk kulit sensitif dianjurkan untuk menambah lebih banya air.

Kamu bisa mencampurkan bahan-bahan tadi kemudian aplikasikan seperti memakai toner. Setelah mencucui wajah, usap usapkan toner tadi pada wajah dengan menggunaan wajah, biarkan kering kemudian lanjutkan dengan langkah perawatan wajahmu selanjutnya seperti biasa.

Semoga bermanfaat!

To Top