Inspirasi

Hidup Merasa Susah Terus Bukan Karena Kurang Harta, Tapi Kurang Bersyukur

Hidup Merasa Susah Terus Bukan Karena Kurang Harta, Tapi Kurang Bersyukur

Susah, kesengsaraan dan kesedihan selalu dikaitkan dengan kurangnya harta materi. Penghasilan lagi turun, tidak ada uang sementara keinginan banyak yang belum terpenuhi dan sebagainya jadi alasan kenapa kita selalu merasa susah dan kurang.

Setiap hari kita dibuat cape memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang yang banyak, bagaimana caranya memenuhi semua keinginan kita, membayar tagihan dan sebagainya. Kita beranggapan jika punya harta berlimpah, kayaknya tidak akan ada masalah deh, kita tidak akan pernah merasa susah atau kurang.

Apakah benar demikian? Ingatlah bahwa setiap manusia yang dilahirkan ke bumi sampai akhir hidupnya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah. Baik yang miskin atau yang kaya, semuanya memiliki masalah masing-masing.

Yang miskin dibuat susah memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang, yang kaya dibuat susah memikirkan bagaimana caranya menambah kekayaan, takut usahanya bangkrut dan dibuat cape mengurus perusahaan yang tersebar dimana-mana.

Kadang ketika kita melihat orang kaya raya, kita menganggap bahwa mereka itu sepertnya tidak memiliki masalah. Mereka itu kelihatannya bahagia terus dan bisa membeli apapun yang mereka mau.

Baca Juga: 10 Foto Pekerja Ini Akan Membuatmu Bersyukur dengan Pekerjaan yang Kamu Jalani Sekarang

Kalau benar demikian, kenapa ada beberapa artis terkenal yang kaya raya tapi hidupnya berakhir dengan bunuh diri. Misalnya saja yang menimpa artis Kpop Sulli yang ditemukan tewas mengenaskan dengan cara gantung diri. Atau Michael Jackson, penyanyi paling terkenal di dunia dengan kekayaan yang melimpah juga ditemukan tewas karea overdosis.

Mereka hanyalah contoh dari sekian banyak orang yang punya popularitas dan kekayaan tapi akhir hidupnya sangat tragis. Padahal mereka itu kaya raya, terkenal dan punya segalanya, tapi kenapa mereka memilih bunuh diri.

Menurut para ahli, orang yang bunuh diri itu merasa hidupnya sudah tidak bahagia lagi, mereka merasa hidupnya hanya diselimuti permasalahan yang tiada akhir dan intinya tidak ada ketenangan dalam hati mereka. Merasa hidupnya sudah tidak bahagia lagi, mereka pun memilih mengakhiri hidup.

Maaf bukan bermaksud menjelek-jelekan seseorang, tapi kita jadikan pelajaran saja. Michael Jackson tewas overdosis karena dia banyak mengkonsumsi obat-obatan. Untuk apa Michael Jackson mengkonsumsi obat-obatan? Karena dia ingin ketenangan.

Lho kan Michael Jackson itu orang kaya, terkenal di seluruh dunia, jadi seharusnya dia bahagia dan tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk mendapatkan ketenangan. Itu hanyalah anggapan kita, jauh dalam lubuk hatinya dia tidak memiliki ketenangan sama sekali.

Ini membuktikan bahwa ketenangan itu bukan ada pada harta, tapi ada pada hati. Jadi stop berpikir kalau hidup susah itu karena kurang harta. Memang benar berpikir demikian, tapi tidak sepenuhnya benar. Yang membuat hidup kita itu susah bukan karena kurang harta, tapi karena kita kurang bersyukur.

Kita terlalu banyak melihat ke atas sehingga merasa diri kita di bawah. Dan intinya kita banyak melupakan nikmat-nikmat selain harta, seperti sehat, kebebasan, kumpul bareng keluarga, bisa melihat, berjalan dan masih banyak lagi. Kita bersyukur ketika rezeki melimpah, dan ketika giliran rezeki seret, kenapa rasa syukur menghilang.

Apapun yang kita miliki sekarang, syukurilah karena di luar sana ada banyak yang jauh lebih susah dari kita. Dengan bersyukur, setidaknya itu akan membuat hati kita tenang, tidak resah dan tidak gundah. Ketika hati tenang, apapun masalahnya, kita pasti bisa melewatinya dengan penuh kebahagiaan.

Sekian penjelasan kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk pribadi saya sendiri. Nah sahabat Wow Menariknya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yah!

To Top