in ,

Guru Ini Dirikan Sekolah Gratis Untuk Murid Miskin, Kisahnya Bikin Nangis!

Guru Ini Dirikan Sekolah Gratis Untuk Murid Miskin, Kisahnya Bikin Nangis!

Peran guru dalam menciptakan generasi muda yang baik dan cerdas sangatlah penting. Tak hanya sekedar memberikan pelajaran akademik, seorang guru juga dituntut mampu memberikan pendidikan moral sebab guru adalah orang tua kedua bagi para murid.

Ketika ada murid yang memiliki masalah, sudah seharusnya seorang guru membantu mereka, baik itu dari materi atau dukungan moral. Ketika ada murid nakal, sudah seharusnya guru menasehatinya secara baik-baik, tidak memakai emosi tanpa alasan yang jelas. Mungkin itulah sedikit gambaran tentang guru yang memiliki jiwa guru.

Mungkin kisah guru asal Thailand ini bisa sedikit menginspirasi kita seperti apa sosok guru yang sebenarnya. Ini diangkat dari kisah nyata seorang guru perempuan bernama Rujisamorn Sukhsvasti yang mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak miskin. Selama 70 tahun lamanya, ia telah mengabdikan diri untuk mengajar murid-muird miskin tanpa berharap imbalan sepeserpun.

loading...

Sekilas tentang kisah Rujisamorn diceritakan kembali dalam sebuah film pendek. Dalam film berdurasi 9 menit kurang 2 detik ini, diawali dengan seorang pria yang mencoba membeli tanah dan sekolah yang didirikan Ruji untuk anak-anak miskin. Meskipun pria itu memberikan penawaran tinggi, tapi dengan tegas Ruji menolak tawaran tersebut.

Baca Juga: GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Dia mengatakan kalau menjual sekolah adalah hal paling mustahil dalam hidupnya. Bila sekolah ditutup, murid-muridnya mau sekolah di mana lagi? Biaya di sekolah lain sangat mahal dan sekolah ini jadi satu-satunya yang menerima anak-anak dari keluarga tak mampu.

Kembali lagi ke cerita dalam film ini. Rujisamorn yang jadi kepala sekolah melihat salah satu muridnya datang terlambat. Kemudian ia menyuruhnya masuk ke ruangan dan murid itu terlihat memiliki kaos kaki yang sudah bolong. Ruji kemudian memberikan sepasang kaos kaki untuknya.

Lalu dia teringat kembali masa mudanya, ketika awal-awal sekolah gratis Wannawit didirikan sekitar tahun 1967. Ketika itu Ruji masih jadi guru dan ia adalah sosok guru yang menyayangi murid-muridnya. Dia selalu ada untuk murid-muridnya ketika sedang kesusahan.

Hingga suatu ketika, tempat tinggal murid-muridnya yang kumuh mengalami kebakaran. Terpaksa para murid harus tinggal sementara waktu di tempat pengungsian. Dan Rujisamorn selalu ada untuk mendukung mereka.

Uang hanyalah kertas, sedangkan anak-anak manusia hidup.

Guru Ini Dirikan Sekolah Gratis Untuk Murid Miskin, Kisahnya Bikin Nangis!

Ruji melihat baju murid-muridnya rusak parah. Dia pun memutuskan untuk membelikan mereka baju walau ia sendiri punya uang pas-pasan. “Uang hanyalah terbuat dari lembaran kertas. Tapi anak-anak adalah manusia yang hidup, mereka butuh pendidikan yang baik,” begitulah kata Ruji.

“Guru yang baik harus cinta anak-anak, mau mengerti perasaan mereka, bisa mengajar dan mendidik mereka. Jangan cuma bisa pukul, pukul, pukul.”

“Pakai rotan memukul murid, memang murid akan dengerin setelah dipukul? Setelah kamu pukul, emang murid masih ada yang mau belajar? Ngomong baik-baik baru bisa.”

Baca Juga: Kisah Tragis Di Balik Pencipta Lagu Hymne Guru

Hingga suatu saat, Ruji mengetahui kalau salah satu ibu muridnya sedang sakit parah. Muridnya itu selalu mengurus ibunya ketika pulang sekolah. Merasa kasihan, Ruji pun memberikan les privat kepada muridnya itu agar ia bisa mengurus ibunya.

Ibu murid itu kemudian meninggal. Lalu Ruji mengatakan kepadanya, “Biarkan ibu yang jadi mama kamu.”

Ruji benar-benar tahu bagaimana cara mendidiknya dan menyayangi murid-muridnya. Beliau tidak pernah menerima uang sepeserpun dari murid-muridnya. Sekolah yang awalnya berjumlah 8 orang kini telah memiliki sekitar 514 murid.

Untuk mengetahui kisahnya lebih lengkap, lihat film pendeknya di bawah ini. Kamu pasti terharu dan bakalan mengeluarkan air mata!

loading...
loading...
Loading...
Loading...