in

Gak Ada Komputer, Guru Ini Ajari MS Word Lewat Gambar di Papan Tulis

Gak Ada Komputer, Guru Ini Ajari MS Word Lewat Gambar di Papan Tulis
Facebook/Omura Kwadwo

Seorang guru di Ghana mendapat perhatian media internasional karena metode uniknya dalam mengajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Karena tidak ada fasilitas komputer di kelas, ia mengajar murid-muirdnya cara memakai komputer dengan menggambar di papan tulis layaknya monitor.

Owura Kwadwo, yang berasal dari Kumasi, Ghana, ingin membantu murid-muridnya terbiasa dengan tampilan dan fungsi komputer. Sayangnya, sekolah tempat ia mengajar tidak mampu membeli komputer satupun.

Untuk menyiasatinya, Kwadwo memanfaatkan sumber daya seadanya di sekolah, yakni menggunakan papan tulis dan kapur. Dengan dua benda itu, Kwadwo menggambar visual Microsoft Word di papan tulis.

Gak Ada Komputer, Guru Ini Ajari MS Word Lewat Gambar di Papan Tulis
Foto: Facebook/Omura Kwadwo

Kwadwo membuat gambar MS Word sesempurna mungkin dengan detail yang lengkap agar siswa mampu memahaminya. Yang lebih mengesankan lagi, ia menggambar semua fitur Word dan menjelaskan masing-masing fitur tersebut.

Baca Juga: Menakjubkan, Lukisan Indah Ini Dibuat Menggunakan Microsoft Excel

Dia berharap siswa bisa mengetahui seperti apa penampilan Dokumen Word meski tidak ada komputer atau laptop. Dengan begitu, siswa suatu saat nanti bisa langsung bisa memakai Word di komputer.

“Saya melakukannya untuk membuat murid-murid saya mengerti apa yang saya ajarkan,” kata Kwadwo, seperti dilansir Fatherly.

“Setidak ini bisa memberikan gambaran tentang apa yang mereka lihat dengan asumsi mereka seolah berada di depan komputer.”

Mempelajari teknologi di zaman sekarang sangatlah penting, namun sayang tidak semua orang memiliki sumber daya untuk mengakses teknologi. Di luar sana masih banyak anak-anak yang tidak bisa belejar tentang teknologi karena keterbatasan sumber daya, seperti di sekolah tempat Kwadwo mengajar.