in ,

Dosa-Dosa Mertua Kepada Menantu yang Paling Sering Dilakukan

Dosa metua kepada menantu

Jika kamu penggemar sinetron, mungkin kamu sering menemukan karakter mertua yang jahat sama menantunya. Dalam sinetron, biasanya menantu yang dibully oleh mertuanya karena dia tidak sesuai selera mertuanya, miskin dan berasal dari golongan keluarga rendahan.

Tak hanya dalam sinetron, di dunia nyata juga banyak kok mertua seperti mak lampir yang jahat sama menantunya. Misalnya saja suka mengatur rumah tangga menantunya, menjelekkan menantunya atau menuntut menantunya untuk mematuhi keinginannya.

Sifat mertua yang seperti itu bisa membuat menantu merasa tidak nyaman, sakit hati dan mungkin memendam dendam. Oleh karena itu, sebagai mertua jangan suka melakukan dosa-dosa ini terhadap menantu. Karena pada hakikatnya dia sudah jadi anak kamu sendiri.

Baca Juga: Lucunya 10 Obrolan Calon Mantu Dengan Calon Mertua Ini

Berikut dosa-dosa mertua terhadap menantu yang paling sering dilakukan tapi tidak disadari.

1. Memandang rendah dan suka menjelekkannya

Dosa metua kepada menantu

Di awal-awal pernikahan, kadang menantu belum punya apa-apa alias masih dalam tahap perjuangan. Tak sedikit mertua yang malah memandang rendah menantunya dan bahkan menjelekkannya hanya karena dia belum punya apa-apa. Kadang pekerjaan yang dilakukan menantu pun suka dianggap rendah karena tidak bergengsi.

Padahal seharusnya mertua itu bisa mendukung dan mendorong menantunya dari nol, bukan mengata-ngatinya apalagi menjelekkannya.

2. Menuntut menantu harus sesuai keinginannya

Dosa metua kepada menantu

Baca Juga: Artis-Artis Cantik Ini Punya Mertua Super Tajir

Setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada hak bagi kita untuk mneuntut orang lain agar seperti kita. Maka tak sepantasnya mertua memaksa menantunya menjalani kehidupan sesuai keinginannya.

Mertua cukup mengawasi dan memastikan bahwa menantu telah menempuh jalan yang benar, jangan sampai urusan gengsi dan harga diri sendiri dilibatkan dalam kehidupan menantu.

3. Ikut campur urusan rumah tangga menantu

Dosa metua kepada menantu

Kalau sebatas mengawasi dan mengarahkan boleh-boleh saja, tapi jika sampai mertua ikut campur secara total dalam rumah tangga menantunya, apalagi sampai mengaturnya, itulah yang tidak boleh.

Cukup mertua itu mengawasi dan mengarahkan saja jika memang ada yang salah dalam rumah tangga menantunya. Jangan sampai ikut-ikutan mengatur secara total rumah tangganya.

Loading...