in

Ditolak dari Sekolah, Bocah 6 Tahun Ini Ikut Menyapu Jalanan Bersama Kakek-Neneknya

(foto: Shanghaiist)

Sementara kebanyakan anak berusia 6 tahun bisa pergi ke sokalah dan bermain dengan anak seusianya, berbeda dengan gadis cilik ini yang menghabiskan hari dengan menyapu jalanan bersama dengan kakek dan neneknya.

Sungguh malang nasib gadis bernama Liu itu. Di usianya yang masih belia, ia tidak bisa merasakan hangatnya bangku sekolah. Malah ia harus membantu kakek dan nenenknya memebersihkan jalanan di Jinan, Provinsi Shandong, China.

Dilansir Shanghaiist, sejak orangtua Liu bercerai empat tahun yang lalu, Liu terpaksa harus tinggal bersama kakek-neneknya di Jinan. Pihak keluarga kehilangan kontak dengan ibu Liu sejak empat tahun yang lalu. Sementara itu ayah Liu dikabarkan bekerja di Shenzhen selama satu tahun.

loading...

Kakek Liu berusaha mendaftarkan cucunya ke sekolah setempat, namun permintaannya itu ditolak dengan dalih kakek dan neneknya tidak memiliki hak asuh gadis cilik itu dan juga mereka tidak bisa memberikan dokumen jaminan sosial orangtuanya.

Dari hasil pekerjaan mereka bersama sebagai tukang bersih jalan, mereka hanya mendapat uang sebesar 3.000 yuan atau sekitar Rp 6 juta selama satu bulan.

Anak yang ditinggalkan orangtuanya di pedesaan di China memang sudah biasa terjadi. Banyak orangtua yang lebih memilih meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan di kota. Sementara itu anak-anaknya dibiarkan tinggal bersama kakek dan neneknya di desa.

loading...
loading...
Loading...
Loading...