Inspirasi

Bukan Barang Bermerek, 5 Hal Ini Akan Membuat Seseorang Lebih Berharga Di Mata Orang Lain

Bukan Barang Bermerek, 5 Hal Ini Akan Membuat Seseorang Lebih Berharga Di Mata Orang Lain

Sekarang kita hidup di zaman di mana orang-orang lebih mengutamakan barang bermerek ketimbang akhlak. Menurut mereka, barang-barang tersebut bisa membuatnya jauh lebih berharga di mata orang lain.

Ya mungkin saja orang-orang akan kagum dan segan sama kamu, tapi itu bukan untukmu, melainkan untuk barang-barang yang kamu miliki. Ketika kamu kaya, mereka akan mengikutimu, tapi ketika kamu tidak punya apa-apa, mereka akan meninggalkanmu.

Namun jika kamu memiliki kepribadian baik, suka menolong dan menghormati orang lain, maka orang lain juga akan menghargai kamu. Mereka akan mengikutimu karena sifat baikmu, bukan karena harta.

Berharganya seseorang di mata orang lain tidak ditentukan dari seberapa bagus barang yang dimilikinya atau seberapa banyak harta yang dimiliknya, melainkan dari akhlaknya yang baik.

Baca Juga: Doakan Kebaikan Untuk Orang yang Menyakitimu, 6 Hal Luar Biasa Ini Akan Kamu Dapatkan

1. Karakter yang baik

Orang yang memiliki karakter baik jauh lebih berkualitas dibandingkan mereka yang memakai barang bermerek. Kualitas seseorang tidak ditentukan dari barang yang digunakannya, melainkan dari karakternya.

Sebab barang bermerek tidak menjamin seseorang untuk berprilaku baik terhadap sesama. Kebanyakan barang bermerek akan membutakan mata hati seseorang dan membuatnya jadi orang sombong.

Untuk jadi pribadi yang baik tidak perlu uang sepeserpun. Kamu hanya perlu selalu berpikir positif, memperkaya batin, terus memperbaiki diri dan buanglah sifat tinggi hati.

2. Jangan terlalu mengurusi urusan orang lain

Selama kamu hidup di dunia ini akan selalu ada perasaan cemburu, marah, iri dan sedih. Namun hal itu buka disebabkan karena mereka yang jahat, melainkan oleh diri kamu sendiri yang terlalu mengambil hati atas omongan, sikap dan prilaku mereka.

Jangan jadi orang yang pandai menyimpan keburukan orang lain dalam hati karena itu akan meredupkan kebahagiaan dalam dirimu. Jangan pula menghiraukan omongan buruk orang lain tentang dirimu. Pertama-tama kamu harus belajar jangan ambil pusing.

Jika kamu sudah bisa hidup dengan prinsip tidak ambil pusing dan tidak terlalu mengurusi urusan orang lain, maka hidupmu akan bahagia.

3. Jadilah pemaaf

Kita juga manusia yang kadang tersinggung dengan perkataan dan perbuataan orang lain. Kita tidak bisa menghindari dari itu, tapi yang paling penting jangan menyimpannya terlalu lama. Maafkanlah mereka yang pernah menyakiti perasaanmu.

Baca Juga: Kekayaan Sesungguhnya Bukanlah Banyak Harta Benda, Tapi Hati yang Tenang

Dengan memaafkannya, segala sesuatu yang negatif dalam pikiranmu akan terbuang, tidak akan ada rasa dendam dan marah, tanamkanlah sifat pemaaf dalam dirimu karena itu akan membuatmu jadi orang yang lebih berkualitas di mata orang lain.

Kekuatan dari maaf bisa merubah musuh jadi teman dan pembenci jadi penyayang. Tuhan saja Maha Pemaaf, kita sebagai hambanya sudah seharusnya bisa memaafkan orang lain.

4. Jadilah sabar dan tekun

Untuk meraih sesuatu itu tidak bisa dilakukan secara instan, butuh kesabaran dan ketekunan untuk meraihnya. Kadang kamu akan dihadapkan dengan kegagalan dulu. Jangan merasa dirimu tidak berharga jika gagal karena kualitas seseorang bisa dilihat dari seberapa kuat tekadnya untuk bangkit dari kegagalan.

Buanglah sifat tidak tahanan, jahitlah mulutmu dari membicarakan aib orang lain, lakukanlah sesuatu dengan tenang dan bekerjalah lebih keras.

5. Hidup perlu memilih jalan yang benar

Hidup itu ada dua pilihan, kebenaran dan kebatilan. Kamu yang menentukan, bukan Tuhan. Oleh karena itu kamu harus memiliki kekasih dan teman. Kekasih di sini diibaratkan jalan dan teman adalah pohon. Hidup itu perlu memilih jalan yang benar dengan banyak pohon di sampingnya.

Saat banyak uang jangan sampai tersesat, saat tidak punya uang bersandarlah di pohon. Saat bahagia jalan mempar dari jalan dan saat beristirahat bersandarlah di bawah pohon.

Kekasih di sini adalah Allah dan teman adalah orang-orang yang selalu mengajakmu ke dalam kebaikan, selalu menasehatimu jika kamu salah dan selalu membantumu jika kamu kelelahan.

To Top