in , ,

Banyak Berharap Pada Orang Lain Itu Menyakitkan, Cukup Berharap Pada Allah Saja

Banyak Berharap Pada Orang Lain Itu Menyakitkan, Cukup Berharap Pada Allah Saja

Disakiti dan dikecewakan oleh orang lain memang sakit rasanya, apalagi sampai berulang-ulang kali, pasti sudah tak terbayang lagi betapa besarnya kita menelan kekecewaan. Jika kamu sering merasa demikian, berarti hidup kamu terlalu banyak berharap pada orang lain.

Pandangan manusia itu kadang kala selalu berbeda, sesuatu yang baik bisa dianggap buruk, dan sesuatu yang buruk bisa dianggap baik. Ketika kamu melakukan kebaikan untuk orang lain, tapi kamu malah mendapatkan balasan yang tidak menyenangkan dari orang tersebut, pasti kamu akan merasa kecewa dan kesal banget.

Mungkin saja hal itu terjadi karena kamu terlalu banyak berharap pada orang tersebut, tetapi realitanya tidak sesuai yang kamu harapkan dan pada akhirnya kamu malah menelan pahitnya kekecewaan.

Contohnya saja ketika kamu memberi sesuatu kepada orang lain. Mungkin kamu memberi kepada orang lain dengan niat ingin mendapat pujian atau ingin dihormati olehnya, dan pokoknya kamu terlalu berharap mendapatkan balasan kebaikan dari orang yang kamu beri.

Akan tetapi realitanya orang tersebut malah menjelekan kamu, memfitnah atau tidak sopan sama kamu meskipun kamu sudah berusaha baik kepadanya. Tentu balasan seperti itu sangat menyakitkan bagi kamu, dan kamu akan merasa kecewa banget, bahkan ingin membalas keburukan orang tersebut.

Berharap saja hanya pada Allah karena tidak akan pernah mengecewakan kamu!

Banyak Berharap Pada Orang Lain Itu Menyakitkan, Cukup Berharap Pada Allah Saja

Contoh lainnya yaitu ketika kamu berusaha melakukan kebaikan. Ada orang yang salut kepada kamu, tapi ada juga yang merasa jengkel dengan sifatmu dan menganggapmu orang yang sok suci. Jika kamu melakukan kebaikan dengan harapan dapat penilaian baik dari orang lain, tentu kamu akan banyak menelan kekecewaan.

Berharap itu cukup hanya kepada Allah yang tidak akan mungkin mengecewakan kamu. Jika kamu melakukan kebaikan dengan hanya berharap kepada Allah, kamu tidak akan menelan kekecewaan meski banyak orang yang menyakiti kamu.

Terlalu banyak berharap kepada orang lain hanya akan menambah beban pada hati kamu. Oleh sebab itu hidup kamu selalu gelisah dan tidak tenang karena hati kamu hanya ingin mendapatkan penilaian baik dari orang lain. Di mana ada fans, pasti disitu ada haters, begitulah realita kehidupan ini.

Cukuplah berharap hanya kepada Allah, apapun hasilnya nanti, mau dianggap baik atau buruk oleh orang lain, kamu tidak akan menelan banyak kekecewaan dan tidak akan merasa kesal karena kamu hanya mengharapkan kebaikan dari Allah.

Ternyata, untuk hidup bahagia itu sederhana, cukup berharap mendapat penilaian baik dari Allah karena Tuhan itu tidak akan mengecewakan kamu.

Loading...
Loading...