Inspirasi

7 Tanda Orang yang Bermasalah Dengan Harga Diri Rendah

7 Tanda Orang yang Bermasalah Dengan Harga Diri Rendah

Harga diri rendah dapat di gambarkan sebagai perasaan yang negatif terhadap diri sendiri dan harga diri merasa gagal dalam mencapai keinginan. Selain itu harga diri rndah juga dapat diartikan sebagai evaluasi atau perasaan tentang diri yang negatif dan di pertahankan dalam waktu yang lama.

Ragu akan diri sendiri, merasa minder akan prestasi orang lain, rasa takut yang belebihan akan kegagalan. Hal itu bisa saja di alami oleh siapapun di dunia ini. Masalah akan terjadi jika kamu mengalami  hal tersebut setiap hari. Akan lebih buruk bila di tambah rasa percaya bahwa dirimu tidak berguna dan kehadiranmu sia-sia.

Jika kamu alami hal itu, mungkin saja kamu memiliki harga diri yang rendah. Kamu sering merasa dirimu lebih buruk dari siapapun, sehingga kamu merasa dirimu tidak penting dan medahulukan orang lain. Penyebab dari harga diri yang rendah ialah kurangnya penghargaan pada dirimu sendiri.

Berikut merupakan tanda jika kamu memiliki harga diri rendah

1. Sering frustasi karena tidak bisa seperti orang lain

Apakah kamu lupa bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing? membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan kebiasaan yang awalnya dari rasa tidak nyaman terhadap diri sendiri. Dan itu merupakan awal dari sebuah bencana yang akan menimpa kamu.

Pernah mendengar istilah rumput tetangga lebih hijau dari rumput halaman sendiri? nah itu yang akan terjadi jika kamu terus menerus membandingkan diri kamu dengan orang lain. Yang ada hanyalah kamu selalu melihat kekuranan diri kamu sendiri.

2. Selalu merasa bersalah akan apapun

Salah satu tanda bahwa harga dirimu rendah adalah selalu merasa bersalah akan apapun meskipun kamu sebenarnya tidak dalam keadaan yang salah. Selalu meminta maaf meski bukan kamu yang salah, jangan seperti itu nanti kamu cuma dimanfaatkan yang tidak baik oleh orang lain.

Meminta maaf atau sering mengucapkan kata ‘maaf’ memang bagus bila kamu melakukan kesalahan. Tapi tidak baik bila di kakukan dalam kondisi orang lain salah. Misalnya temanmu ingin meminjam pulpen dan kamu tidak punya pulpen buat dipinjamkan lalu kamu meminta maaf. Itu sebuah kekeliruan.

Baca Juga: Tak Peduli Seberapa Banyak Kekuranganmu, Tetaplah Jadi Diri Sendiri Dan Terus Lakukan yang Terbaik

3. Sensitif akan kritikan dan selalu mengartikan sebagai serangan personal untuk menjatuhkanmu

Ketika kamu sedang presentasi dan ada temanmu atau rekan kerja yang memberi tahu akan kesalahanmu baik tentang materi presentasimu atau caramu menyampaikannya. Kemudian kamu merasa bahwa dia tidak menyukaimu dan kamu berpikir dia hanya akan membuat kamu malu saja.

Berpikir seperti itu menunjukan bahwa harga dirimu rendah, selain itu kamu juga menunjukan bahwa kamu tidak profesional dalam bekerja. Bisa saja kritikan tersebut untuk membantumu agar lebih baik lagi dalam melakukan presentasi yang akan menambah bagus karirmu.

4. Kamu sering memikirkan tentang orang lain terhadapmu, padahal belum tentu mereka memikirkan hal yang sama

Berpikir jangka panjang memang bagus untuk kelangsungan dirimu. Tapi tidak dengan berpikir tentang bagaimana orang lain terhadapmu. Belum tentu mereka memikirkan apa yang menjadi khayalan semata kita. Yang akhirnya kamu memiliki sifat yang buruk dan banyak orang akan pergi menjauhimu.

Mereka yang ada dekatmu atau sedang berbicara denganmu hanya akan menilai dirimu dari luarnya saja. Dan amat sangat jarang yang bisa menilaimu sampai dalam. Meskipun ada, itu hanya tau dari semua yang pernah kamu ceritakan. Maka berhentilah untuk berpikiran negatif baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

5. Demi menghindari konflik, kamu juga selalu berpura-pura semuanya baik-baik saja, meski dengan begitu kamulah satu-satunya yang terluka

Bagimu, tidak masalah kalau kamu terluka, asalkan tidak ada konflik yang terjadi. Karena itu, kamu selalu menyimpan sendiri pendapatmu, meskipun sebenarnya kamu tidak setuju atau bahkan keputusan itu merugikanmu. Kamu merasa bahwa posisimu lebih rendah daripada yang lain, sehingga pendapatmu tidak perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Dia 5 Jenis Gangguan Jiwa yang Mungkin Belum Kamu Tahu

6. Tidak pernah menghargai diri sendiri

Rasa percaya dirimu yang rendah akan membuatmu merasa semua keberhasilan yang kamu dapatkan hanyalah karena keberuntungan semata. Karena itulah kamu sering salah tingkah dan malah tidak nyaman saat menerima pujian. Padahal di balik semua itu, perjuanganmu yang berdarah-darah memang patut diacungi jempol.

7. Kamu sering mundur sebelum berjuang hanya karena merasa tidak akan bisa mencapainya. Padahal sebelum mencoba, kamu tahu dari mana?

Meragukan kemampuan diri sendiri itu wajar. Tapi jangan dibiarkan berlama-lama. Apalagi jika itu membuatmu menyerah sebelum mencoba. Kamu merasa sudah pasti gagal, karena ada orang lain yang lebih mumpuni. Padahal tanpa kamu mencoba dan membuktikannya sendiri, kamu tahu dari mana bahwa kegagalan pasti akan kamu alami?

Ingat, kamu bukan Tuhan yang tahu segala-galanya. Bagaimana orang melihat dirimu ditentukan juga dengan bagaimana kamu memandang dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri tidak selalu berarti narsis kok, tapi kamu menghargai apapun yang kamu dapatkan.

Mulai hari ini, ingat selalu bahwa kamu tidak harus mempunyai yang dipunyai orang lain. Sebaliknya, kamu juga pasti mempunyai kualitas yang tidak dipunyai orang lain. Karena setiap manusia pasti memiliki keunikannya masing-masing. Tidak ada alasan untuk memandang rendah dirimu sendiri.

To Top