in ,

6 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Tanpa Perlu Kaya Dulu

6 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Tanpa Perlu Kaya Dulu 1
Foto: pixabay.com

Hidup bahagia bukan soal seberapa banyak uang yang kita miliki, melainkan seberapa tenang hati kita ketika menghadapi berbagai macam permasalahan. Karena selama kita hidup di dunia ini, permasalahan akan terus silih berganti.

Yang jadi pertanyaan bagaimana membuat hati kita tetap tenang dan bahagia di kala mendapatkan permasalahan? Dalam artikel ini Wow Menariknya sudah menyajikan 6 kunci hidup tenang dan bahagia tanpa perlu kaya dulu.

1. Jangan khawatir

Terlalu khawatir dengan sesuatu yang akan datang hanya akan membaut hatimu gelisah dan gundah. Misalnya saja khawatir bulan depan penghasilan menurun, khawatir masa depan tidak sesuai dengan keinginanmu atau khawatir soal urusan jodoh.

Jangan terlalu mengkhawatirkan dan memikirkan sesuatu yang belum datang, kamu hanya perlu berusaha dan sisanya serahkan kepada Yang Maha Kuasa. Biarkan Allah yang menentukan hasilnya.

2. Jangan dengarkan penilaiaan orang

Hidupluh dengan cara yang kita anggap benar selama yang kita lakukan tertuju pada kebaikan. Jangan berharap mendapat penilaian baik dari orang lain karena di samping banyak orang yang memuji kita, akan selalu ada yang menghina kita.

Oleh karena itu lakukanlah kebaikan dengan penuh keikhlasan agar nantinya kita tidak banyak kecewa. Semakin sering kita berharap pada orang lain, semakin besar kita kecewa. Semakin banyak kecewa, semain sedih hidup kita.

3. Selalu bersyukur

Bersyukur, satu kata yang sangat mudah diucapkan, tapi susah sekali dikerjakan. Ya, bersyukur di kala mendapat kesenangan memang mudah, tapi ketika diberikan permasalahaan, masihkah kita bisa bersyukur?

Susah yah bersyukur saat diberikan cobaan, yang ada kita menolak permasalahan tersebut dan bertanya-tanya kenapa Tuhan memberikannya kepada kita. Daripada semakin susah, lebih baik syukuri saja apa yang sudah kita dapatkan, setidaknya itu bisa meringankan beban hidup kita.

4. Cobalah jangan memiliki hutang

Susah sekali hidup tanpa hutang itu, terutama buat yang sudah berumah tangga. Oleh karna itu cobalah hidup tanpa memiliki hutang, atau setidaknya jangan terlalu banyak berhutang.

Dari hutang yang kita miliki, kita jadi banyak beban pikiran tentang bagaimana cara membayar hutang tersebut. Yang paling penting, kita jangan sampai berhutang untuk sesuatu yang tidak produktif.

5. Jangan menyimpan dendam

Pernah kesal sama seseorang? Pasti pernah, lalu bagaimana rasanya jika kamu menyimpan rasa kesal tersebut sampai berlarut-larut, sampai dibawa-bawa dalam tidur? Pasti hati tidak tenang yah, emosi begitu bergejolak, raut wajah kusut dan pikiran jadi kacau.

Daripada menyimpan dendam, rasa kesal dan amarah, lebih baik maafkan orang yang telah menyakitimu, cukup dalam hati saja. Selalu berpikir positif dan berprasangka baik karena hal itu akan membuat hati kita jadi tenang.

6. Selalu mengingat Allah

Ingatlah Allah dalam hatimu, maka hatimu akan tenang. Dengan mengingat Allah, kamu tidak akan banyak mengingat masalah, segala sesuatu pasti akan disikapi dengan bijak, jauh dari pemikiran negatif dan akan diberikan kemampuan untuk melaksanakan 5 poin di atas.

Isilah hatimu selalu dengan mengingat Allah di manapun dan kapanpun.

Loading...
Loading...