in ,

5 Penyebab Anak Berani Melakukan Kekerasan, Orang Tua Harus Tahu!

5 Penyebab Anak Berani Melakukan Kekerasan, Orang Tua Harus Tahu! 1

Kasus penganiayan terhadap siswi SMP bernama Audrey yang dilakukan oleh 12 siswi SMA di Pontianak mengundang rasa prihatin dari masyarakat. Kasus ini mengundang tanda tanya kenapa seorang anak di bawah umur bisa sampai tega menganiaya orang lain karena urusan spele, ditambah lagi pelaku adalah perempuan.

Menurut Wow Menariknya, berikut ini ada 5 penyebab seorang anak berani melakukan kekerasan terhadap orang lain atau bullying.

loading...

Baca Juga: 8 Artis Hollywood Cantik Ini Sering Dibully Saat Sekolah Dulu

1. Merasa dirinya paling kuat

Salah satu penyebab seorang anak tega melakukan kekerasan pada orang lain yaitu karena dia merasa dirinya paling kuat, dan orang yang dibully nya adalah orang lemah. Dia merasa kuat, baik secara fisik atau ada dukungan dari orang di sekitarnya.

Jadi dia berani melakukan pelecehan, penghinaan dan bahkan kekerasan terhadap orang yang dibully nya.

2. Kurang didikan dari orang tuanya

Jika orang tuanya mendidik anaknya untuk selalu berprilaku baik terhadap sesama sejak kecil, tidak mungkin dia akan jadi pelaku bullying di masa depan. Dia bisa melakukan bullying mungkin karena kurang didikan dari orang tuanya

3. Kurang kasih sayang dari orang tuanya

Anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya cenderung suka berprilaku buruk. Dia melakukan itu untuk meluapkan kekosongan hatinya akibat kurangnya kasih sayang dari orang tua. Termasuk melakukan bullying terhadap orang lain.

Baca Juga: 5 Pelajaran Yang Harus Diberikan Pada Anak Agar Tidak Jadi Korban Bully

4. Kurang paham tentang agama

Tak hanya memberikan pendidikan akademis pada anaknya, orang tua juga harus memperhatikan pendidikan dan pemahaman tentang agama pada anaknya. Jika anak sejak kecil sudah diajari tentang agama, tentang mana yang benar dan salah, tentang berprilaku baik terhadap sesama, setidaknya anak akan berpikir dua kali ketika hendak menyakiti orang lain karena dia tahu Tuhan melihatnya.

5. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan anak. Pergaulan bebas bisa menjerumuskan anak ke dalam kenakalan. Sudah jadi tugas orang tua membingbing, mengawasi dan memberikan nasihat kepada anak agar berprilaku baik dan menjauhkan diri dari kenakalan.

Sudah jadi tugas orang tua untuk selalu membingbing dan mengawasi anaknya agar berada di jalan yang benar. Faktor utama kenapa seorang anak tega melakukan kekerasan yaitu karena kurangnya pendidikan dari orang tua.

loading...
Loading...
Loading...