Inspirasi

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Bertahan Daripada Menyerah

Inilah Alasan kenapa Orang Jenius Sulit Mendapatkan Teman

Dalam situasi sulit, orang pada umumnya akan menerima nasibnya sendiri dan menyerah akibat dari situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

Namun, nyatanya menyerah bukan jalan terakhir yang bisa kamu ambil, bahkan sedikitnya ada lima alasan mengapa bertahan selalu jauh lebih baik dibanding menyerah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Yuk Apresiasi Hal-Hal Kecil Yang Selalu Orang Tuamu Lakukan

1. Bertahan setidaknya memiliki harapan untuk mencapai keberhasilan

Pada dasarnya, bertahan dalam situasi sulit bukan suatu keputusan yang bisa dianggap pasti, tingkat keberhasilan masih sangat diragukan dan bukan tidak mungkin jika pertahanan tersebut dianggap sia-sia.

Namun, paling tidak hal tersebut bisa memunculkan sedikit harapan untuk mencapai keberhasilan. Jangan pernah remehkan harapan sekecil apa pun itu, adanya suatu harapan berarti masih ada tingkat keberhasilan.

2. Menyerah sama dengan tidak menuntaskan usahamu sampai akhir

Ketika mencoba untuk mencapai sesuatu yang kamu anggap sulit, seluruh perjuangan dan tenaga yang kamu kerahkan begitu besar dan bahkan banyak berkorban dari berbagi sisi.

Hal ini menegaskan bahwa menyerah bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan dengan mudahnya, menyerah sama dengan tidak menuntaskan usahamu sampai akhir. Tidak mau kan usaha yang kamu berikan selama ini hanya sebatas sia-sia?

3. Banyak opsi lebih baik selama kamu mau bertahan lebih lama lagi

Secara garis besar, adanya kata menyerah bisa dikatakan sebagai opsi terakhir yang bisa kamu pilih. Tidak adanya pilihan lain membuat kamu pasrah diri dengan menyerah atas keadaan yang terjadi.

Padahal, akan ada banyak opsi lain ketika kamu mau bertahan sedikit lebih lama lagi. Kesempatan gak selamanya datang secara bersamaan, biasanya bertahap dan di waktu yang tidak kamu duga.

4. Tidak membuat kamu kalah secara telak oleh keadaan

Secara logika, menyerah merupakan bentuk kekalahan yang membuat kamu ingin segera keluar dari situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Pada akhirnya, kamu mengakui kekalahan karena tidak mampu bertahan lebih lama lagi.

Namun, bukankah menyerah sama saja dengan membuat kamu kalah telak oleh keadaan? Harga diri kamu bisa sangat dipertaruhkan dalam hal ini, bahkan menyerah bisa dikatakan sebagai opsi paling terburuk dalam suatu keadaan.

5. Melatih mental untuk tetap kuat dalam situasi dan kondisi yang penuh tekanan

Pada dasarnya, situasi sulit akan memberikan kamu tekanan yang begitu besar, bahkan semangat dan ambisi yang kamu miliki bisa hancur seketika akibat dari tekanan demi tekanan yang ada.

Namun, tetap bertahan bukan pilihan yang buruk. Bertahan sama dengan melatih mental kamu untuk tetap kuat dalam situasi dan kondisi apa pun. Pada akhirnya, mental kamu akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Itu dia deretan alasan mengapa bertahan selalu jauh lebih baik dibanding menyerah. Meski bertahan akan memicu lebih banyak penderitaan, akan ada begitu banyak harapan yang bisa kamu tunggu hasil akhirnya.

To Top