Inspirasi

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Masalah pasti hadir dalam hidup, tak peduli apa statusmu, usiamu atau dimana kamu bekerja. Semua orang pasti pernah merasakan keadaan di mana dirinya merasa terbebani, susah atau bingung harus bagaimana saat masalah datang. Masalah memang baiknya segera diselesaikan, jika tidak dikhawatirkan akan mengganggu ketenanganmu.

Misalnya dengan cara menyendiri, seseorang yang memilih menyendiri biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri dan sedikit berinteraksi dengan orang sekitar. Karena lima alasan berikut akan menjelaskan, jika memilih menyendiri saat memiliki masalah ternyata bisa membuat perasaan lebih baik.

Baca Juga : Inilah 5 Alasan Orang yang Kamu Suka Tidak Menghubungi Duluan

1. Kamu perlu waktu untuk menenangkan diri dan mencari jalan terbaik

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Terkadang menepi sebentar untuk menyendiri jadi pilihan ternyaman yang bisa dilakukan. Masalah bisa membuatmu menjadi orang yang gampang gelisah dan overthinking. Oleh karena itu, memilih menyendiri saat ada masalah membuatmu bisa tenang dalam berpikir, hingga akhirnya bisa sedikit demi sedikit menemukan jalan terbaik untuk masalahmu.

2. Berpura-pura dalam keadaan baik di depan orang lain bikin kamu kurang nyaman

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Saat ada masalah, biasanya seseorang akan terlihat lebih murung atau kurang bersemangat. Apalagi jika kamu bukanlah tipe orang yang gampang mengutarakan perasaan yang kamu alami, sehingga jalan terbaik yang biasa kamu lakukan adalah memendamnya dan pura-pura dalam keadaan yang baik.

Menyendiri membuatmu lebih bebas dalam mengeluarkan segenap perasaan yang tertahan, termasuk perasaan berat yang dirasakan karena sedang mengalami masalah. Orang sekitarmu pasti memahami keinginanmu untuk sendirian dulu, jadi kamu tak harus menghabiskan banyak energi untuk menyembunyikan perasaanmu yang sesungguhnya.

3. Masalah terkadang bisa membuat orang menjadi lebih cepat emosi

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Masalah selain membuatmu kurang fokus tentunya bisa menimbulkan stres jika tak segera diselesaikan. Akibat stres kamu juga bisa mudah emosi karena suasana hati yang tak menentu karena masalah yang kamu hadapi. Menyendiri membuat perasaanmu lebih baik, sebab kamu bisa mengontrol emosimu sehingga orang lain tak akan kena dampaknya.

4. Kamu butuh waktu lebih untuk istirahat sebab masalah yang kamu hadapi bisa menguras energi

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Menyendiri bukan berarti kamu sedang galau atau mengalami sedih yang berkepanjangan. Saat menyendiri kamu bisa memiliki banyak energi karena waktu yang kamu miliki dipakai untuk beristirahat. Karena masalah yang kamu miliki tak harus tiap waktu kamu pikirkan hingga dapat mengganggu pikiran dan aktivitasmu.

5. Agar lebih fokus dalam mendekatkan diri pada Tuhan

5 Alasan Kenapa Pilih Menyendiri saat Ada Masalah

Tiada tempat terbaik untuk mengadu selain kembali kepada Tuhan Yang Maha Segalanya. Kamu memilih menyendiri saat ada masalah berharap agar bisa lebih fokus dalam mendekatkan diri kepada-Nya.

Karena bantuan yang tak akan mengecewakanmu datangnya pasti dari Tuhan. Jadi mendekatkan diri pada-Nya dilakukan agar perasaanmu lebih baik, karena sumber ketenangan memang berasal dari-Nya.

Menyendiri tidak selamanya buruk ketika kamu mengetahui apa yang baik untukmu saat tengah menghadapi masalah. Tapi jangan lupa menyelesaikannya dengan kepala dingin dan langkah yang tepat. Tak masalah juga saat kamu meminta bantuan pada orang terpercaya atau orang yang ahli di bidangnya.

To Top