in ,

5 Alasan Kenapa Kamu Selalu Merasa Kecewa

Foto: Pixabay

Ketika harapan tidak sesuai kenyataan, pasti rasa kecewa akan muncul. Contohnya, kamu berharap banget kalau si dia akan setia sama kamu, tapi eh kenyataannya dia malah mengkhianatimu. Pasti sakit betul rasanya ketika harapan indah yang kamu bayangkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Terlalu banyak dikecewain sangat buruk untuk kesehatan mental. Rasa kecewa bisa membebani pikiran dan pada akhirnya menyebabkan stres. Akibatnya hidup terasa tidak bergairah, jarang muncul senyuman di wajah dan tidak ada semangat hidup sama sekali.

Untuk mengatasi rasa kecewa yang selalu muncul dalam hati kamu, pertama-tama kamu harus tahu dulu alasan kenapa kamu selalu merasa kecewa.

loading...

1. Intinya sih kamu terlalu banyak berharap

Foto: Pixabay

Berharap itu boleh-boleh saja, tapi yang jadi permasalahan itu, kamu berharapnya terlalu berlebihan. Diperparah lagi kamu hanya berharap tentang hal-hal manis saja, sementara yang pahitnya tidak diperhitungkan. Alhasil ketika harapan indah kamu tidak sesuai kenyataannya, kamu pasti merasa kecewa berat.

Baca Juga: Seribu Kebaikan Pada Orang Lain Hilang Karena 1 Keburukan

Jangan terlalu banyak berharap, terutama pada manusia. Cukup berharap pada Allah saja guys, dan nantinya biar Allah yang menentukan hasilnya karena Tuhan itu tahu mana yang paling baik untuk kita.

2. Tidak ikhlas dalam melakukan segala sesuatu

Foto: Pixabay

Mungkin saja kamu tidak ikhlas dalam melakukan segala sesuatu sehingga timbulah rasa kecewa. Contohnya saja, kamu berbuat baik kepada seseorang, kemudian kamu berharap suatu saat nanti dia akan membalas kebaikanmu. Tapi pada kenyatannya, dia tidak membalas kebaikanmu dan ini tentunya membuat kamu kecewa dan marah.

Kamu bisa merasa kecewa karena kamu tidak ikhlas ketika membantu orang tersebut. Coba seandainya kamu membantunya dengan hati yang penuh ikhlas tanpa berharap kebaikanmu dibalas olehnya, pasti kamu tidak akan merasa kecewa sekarang.

3. Sering ngecewain orang lain

Foto: Pixabay

Kamu percaya karma? Karma itu benar-benar ada. Apa yang kamu perbuat sekarang, balasannya tidak akan datang di akhirat saja, tapi di dunia pun kamu akan segera mendapatkan balasannya. Jika kamu suka melakukan kebaikan, maka kamu akan mendapatkan kebaikan pula.

Barangkali kamu sering merasa kecewa oleh orang lain karena kamu juga sering ngecewain orang lain. Wajar saja donk kamu dapat balasannya.

Baca Juga: Lupakan Masa Lalu, Buka Lembaran Baru, Lanjutkan Kembali Hidupmu

4. Kurang introspeksi diri

Foto: Pixabay

Sering merasa kecewa juga mungkin disebabkan karena kamu jarang berintrospeksi diri. Kalau seandainya kamu dikecewain, coba introspeksi diri sendiri, mungkin saja kamu memang melakukan kesalahan, atau balik lagi ke poin nomor 3.

5. Ibadahnya kurang

Semakin tinggi tingkat iman seseorang, maka yang ada dalam hatinya hanya berharap pada Allah saja. Segala bentuk cobaan, baik yang manis atau pahit, dia pasti akan menerimanya dengan lapang dada karena itu adalah ketentuan dari Allah. Jika kamu menggantungkan segala sesuatu pada Allah, pasti tidak akan ada rasa kecewa dalam diri kamu. Meskipun ada, pasti akan hilang dalam sekejap mata.

Sebaliknya, orang yang berlarut-larut dalam kekecewaan karena mereka kurang beribadah atau tidak sama sekali.

loading...
Loading...
Loading...