in

4 Fakta Mencengangkan Logo Kakek Ayam KFC

4 Fakta Mencengangkan Logo Kakek Ayam KFC
Harland David Sanders

Siapa sih yang tidak mengenal logo kakek ayam KFC? Semua orang pasti mengetahuinya, tapi tahu tidak siapa kakek yang jadi logo itu? Dia adalah Kolonel Harland David Sanders, yang tak lain adalah pendiri restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC).

Loading...

Pria yang akrab disapa Kolonel Sanders itu lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Sejak berusia 6 tahun, ayahnya sudah meninggal dunia, sementara ibunya sudah tidak sanggup lagi bekerja, jadi Sanders terpaksa harus bekerja untuk menghidupi keluarganya, termasuk ketiga adiknya yang masih kecil.

Dia pernah memulai peruntungan dengan menjual resep ayam goreng. Sepanjang hidupnya, resep ayam gorengnya dikatakan pernah ditolak sampai 1009 kali oleh pemilik restoran. Namun Kolonel Sanders adalah orang yang gigih dan pantang menyerang.

Yang akan dibahas kali ini bukan logo KFC nya, tapi Kolonel Sanders sendiri sebagai pendirinya. Berikut fakta-fakta mencengangkan tentang sang kakek ayam KFC.

loading...

1. Pangkatnya memang kolonel, tapi dia bukan tentara

Foto: finansialku

Sanders memang memiliki pangkat kolonel, tapi ternyata pangkatnya tersebut tidak diperoleh dari militer. Dia memperoleh pangkat ini dari Gubernur Lawrence Wetherby, perwakilan pemerintah negara Kentucky. Jadi, tidak ada gaji pensiun atau kewajiban karena pangkat Sanders bukan pangkat kolonel militer.

2. Lika liku kehidupannya yang perih

Foto: successstory

Saat berusia 6 tahun, Kolonel Sanders sudah ditinggal sang ayah untuk selama-lamanya. Ibunya kemudian menikah dengan pria yang tidak disukainya. Hal itu kemudian memaksa Sanders untuk keluar sekolah saat berusia 7 tahun.

Setelah dewasa, ia pernah bekerja sebagai pemadam kebakaran, penjaja asuransi, hingga sempat mengikuti militer. Dia kemudian menikah, tapi hubungan rumah tangganya kurang baik. Sanders ditinggal sang istri karena ditangkap atas kasus penipuan dan juga sering gonta ganti pekerjaan.

Kehidupan Sanders seolah susah mendapat ketenangan dan ia harus terus berusaha berjuang untuk bertahan hidup.

3. Pernah jualan di pom bensin

Foto: laruno

Sanders pernah bekerja sebagai sales untuk perusahaan ban Michelin di Kentucky. Namun pada tahun 1924, ia harus kehilangan pekerjaannya karena pabrik tempatnya bekerja ditutup.

Baca Juga: Mengintip Rahasia Kentang Goreng McDonald yang Renyah

Kemudian Sanders ditawari menjalankan bisnis sendiri di Nicolasville, Kentucky, dimana Sanders berjualan ayam goreng di sebuah ruangan dekat SPBU dengan sewa gratis. Di sinilah ia mulai berjualan ayam goreng yang kelak akan dikenal dengan sebutan KFC.

4. Menjual KFC

Foto: dream

Pada tahun 1964, bisnis ayam goreng yang dijalankan Sanders sempat mendapatkan kesuksesan ketika itu. Namun karena merasa tidak bisa menangani bisnisnya yang semakin besar, dia memilih menjual bisnis KFC kepada investor seharga $2 juta atau sekitar Rp 28,5 miliar. Setelah dijual, pemilik KFC tetap menjadikan Sanders sebagai duta perusahaan tersebut

loading...
Loading...
Loading...