Life

Inilah Alasan Semakin Dewasa Temanmu Makin Berkurang

Inilah Alasan Semakin Dewasa Temanmu Makin Berkurang

Sebagian besar daripada kita menyadari bahwa saban tahunnya lingkaran pertemanan kian berubah. Hal ini bahkan semakin sering terjadi seiring kamu bertambah dewasa. Situasi pandemik ini pun membuat pertemanan semakin menyempit karena sulit bertemu langsung satu sama lain.

Yuk, simak beberapa alasan pertemananmu semakin menyempit saat kamu makin dewasa! Siapa tahu kamu sedang mengalaminya saat ini.

Baca Juga : 5 Cara Sopan Menolak Pernyataan Cinta Seseorang, Biar Gak Bikin Sakit Hati

1. Prioritasmu mulai berubah

Saat beranjak dewasa, kamu mulai memilah prioritas dalam hidupmu. Kamu memilih mana teman yang penting dan gak untuk dipertahankan dalam hidupmu. Dilansir Mind Body Green, terlebih lagi situasi pandemik ini memaksamu untuk menyadari bahwa pertemanan itu bukanlah prioritas utamamu.

2. Kamu pindah ke luar kota atau luar negeri dan berpisah dengan temanmu

Kamu meninggalkan temanmu yang sudah lama bersama karena harus pindah ke luar kota atau luar negeri karena keperluan merantau. Meski kamu bisa menemukan teman baru, kamu tentu memilih orang tertentu yang bisa kamu jadikan tempat mencurahkan hatimu dibanding bertemu orang sebanyak mungkin.

3. Kamu atau temanmu memiliki pasangan

Saat kamu atau temanmu memiliki pasangan, kamu akan secara natural lebih fokus untuk memperhatikan pasangan daripada orang lain. Dilansir Bustle, Dr. Suzana E. Flores, Psikolog Klinis, menyampaikan hubungan yang serius dengan pasanganmu membuat prioritasmu berubah. Hal ini akan berdampak pada hubungan pertemananmu pula.

4. Minat dan hobimu berubah

Terkadang, kamu dan temanmu mulai menjauh karena minat dan hobimu berubah. Kamu menjadi lebih dekat dengan orang yang memiliki kesamaan minat denganmu. Hal ini wajar terjadi dan gak apa-apa.

5. Kamu memiliki pertemanan satu arah

Kamu pasti pernah merasa menjadi orang yang selalu menaruh perhatian pada teman-temannya, mulai dari menghubungi dan mengusulkan rencana pergi. Kamu pun mulai merasa hubungan pertemanan ini satu arah dan gak seimbang. Kamu bisa mengetes hal ini pada temanmu dengan gak menghubunginya selama beberapa waktu dan melihat apakah mereka mencarimu.

Hal-hal inilah yang membuat pertemananmu semakin menyempit saat beranjak dewasa. Jagalah teman-teman sejatimu agar gak menjauh, ya!

To Top