in

Inilah 6 Mitos Tentang Payudara yang Wajib Diketahui

Ilustrasi (foto: brasforhope.org)

Payudara adalah organ seksual skunder wanita yang menyimpan banyak misteri. Banyak hal yang masih belum diketahui tentang bagian penting wanita tersebut sehingga menimbulkan beberapa spekulasi yang salah.

Merangkum laman detikHealth, berikut beberapa mitos tentang payudara yang harus kamu ketahui.

1. Payudara jadi besar jika disentuh orang lain

Banyak anggapan bahwa wanita yang memliki payudara besar yaitu pernah atau sering disentuh orang lain. Tentu anggapan tersebut salah besar. Pasalnya ada dua hal yang menentukan pertumbuhan payudara, yaitu gen dan hormon.

2. Payudara mengendur setelah menyusui

Ibu hamil tidak usah khawatir payudara akan mengendur selama menyusui. Payudara akan berubah sesuai dengan waktunya, jadi tak ada kaitan payudara mengendur ketika menyusui.

Ukuran payudara pada dasarnya ditentukan oleh berapa banyak jaringan lemak yang dimiliki payudara. Sementara itu, setelah selesai menyusui jaringan lemak dan jaringan ikat payudara akan bergeser.

3. Posisi tidur mempengaruhi besar payudara

Keseringan tidur miring dapat membuat ukuran payudara tidak rata antara yang kiri dan yang kanan. Padahal faktanya posisi tidur sama sekali tidak mempengaruhi ukuran payudara.

4. Pria lebih suka payudara besar

Sudah sangat wajar kaum pria menyukai bagian wanita yang satu ini. Dalam sejumlah survei menyebutkan bahwa sebagian besar pria menyukai wanita yang memiliki payudara besar. Sementara sebagian lagi menyukai wanita dengan payudara kecil, dan sisanya tidak terlalu peduli berapapun ukuran payudaranya.

Hal itu dibuktikan oleh situs Askmen.com yang menggelar survei kepada lebih dari 5.000 pria terkait payudara. Dan hasilnya, sebanyak 65 responden mengatakan puas dengan ukuran payudara pasangannya.

5. Payudara besar lebih rentan terkena kanker

Kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, tidak ditentukan oleh ukuran payudara seseorang. Selain itu tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan payudara besar lebih rentan terkena kanker.

6. Payudara gatal artinya sedang tumbuh

Ada yang bilang payudara sedang gatal itu artinya sedang tumbuh membesar. Tentu itu hanya mitos belaka. Justru rasa gatal itu bisa jadi peringatan adanya penyakit. Pasalnya payudara tertutup kulit, folikel rambut dan kelenjar keringat, maka peluang berkeringat yang bisa menyebabkan gatal tentu sangat besar.