in ,

Ini Sejarah Asal Usul Mangkuk Ayam Jago Merah

Ini Sejarah Asal Usul Mangkuk Ayam Jago Merah 1

Ketika jajan baso atau mie ayam di pedagang kaki lima, biasanya mangkuk yang digunakan untuk wadah makanan yang kamu pesan adalah mangkuk berlogo ayam jago merah ini. Ya, mangkuk ayam jago merah memang sudah familiar di kalangan orang Indonesia.

Namun tahukah kalian sejarah asal usul dari mangkuk si ayam merah ini? Sudah kuduga, kalian pasti tidak mengetahuinya. Kepopuleran mangkuk fenomenal ini sudah terkenal sejak zaman dulu. Jadi sejak zaman buyut dan nenek kalian, mangkuk ini sudah ada.

Akan tetapi mangkuk ayam jago merah bukanlah buatan orang Indonesia, melainkan buatan China. Jika kamu memperhatikan bagian bawah mangkuk ini, mungkin kalian akan menemukan tulisan Made in China.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Ceker Ayam

Mangkuk yang didominasi oleh warna putih dengan gambar bunga dan ayam jago merah ini ternyata sudah ada sejak zaman China kuno atau tepatnya pada zaman Dinasti Ming yang eksis sejak tahun 1368 sampai 1644.

Ayam pada gambar mangkuk ini adalah jenis ayam hutam Gallus gallus.

Ini Sejarah Asal Usul Mangkuk Ayam Jago Merah 2

Namun banyak juga peneliti yang berpendapat kalau mangkuk ini berasal dari Thailand. Para peneliti percaya kalau ayam merah itu merupakan ayam hutan Gallus gallus yang telah lama dibudidayakan sejak 8000 SM. Wah sudah lama banget yah?

Pada 5300 SM, para arkeolog menemukan fosil ayam Gallus gallus di China. Fosil ayam purba ini juga ditemukan di lembah Indus pada 2500 SM dan yang paling baru di Yunani pada tahun 409.

Baca Juga: 4 Fakta Mencengangkan Logo Kakek Ayam KFC

Jadi ada dua anggapan tentang asal usul mangkuk ayam merah ini, ada yang menyebutkan dari China dan ada juga dari Thailand. Namun darimana pun asal mangkuk ini, yang jelas mangkuk si ayam jago merah sudah melegenda di mata orang-orang Indonesia.

Jadi begitulah sejarah asal usul mangkuk ayam jago merah yang begitu terkenal di Indonesia. Entar kalau kalian makan bakso atau mie ayam dengan mangkuk ini, berbanggalah karena kalian sedang makan dengan menggunakan mangkuk berusia ribuan tahun.

Loading...
Loading...