in

Ini Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Tubuh

Berkebun (foto: mosaikhomes.com)

Beberapa orang menganggap berkebun itu hal yang kuno dan tidak mengasyikan, tapi bagi sebagian orang lagi berkebun itu merupakan hal yang menyenangkan. Selain melestarikan lingkungan, berkebun juga memiliki manfaat kesehatan bagi pelakunya. Maka berbahagialah yang suka berkebun.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkebun khususnya terikat dengan kesejahteraan mental dan manfaat fisik. Dalam kata lain, dari sekedar berkebun bisa membawakan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir Healthmeup.com, berikut beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan tubuh.

5. Menghilangkan Stres

Sebuah bukti ilmiah menjelaskan bahwa berkebun merupakan penghilang stres paling efektif. Studi yang dilakukan di Belanda itu menunjukkan berkebun dapat mengurangi stres lebih baik daripada kegiatan rekreasi menenangkan lainnya.

Dua kelompok peserta penelitian diminta untuk tinggal di dalam rumah dan membaca, sementara yang lainnya diminta untuk berkebun selama 30 menit. Kemudian, kelompok berkebun dilaporkan berada dalam suasana hati yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok membaca. Kelompok berkebun juga memiliki tingkat lebih rendah dari hormon stres, kortisol.

4. Berpikir Lebih Kreatif

Udara segar, jauh dari teknologi, dan lebih berfokus pada merawat tanaman, maka Anda dapat membuka pikiran untuk berpikir lebih kreatif lagi. Berkebun juga membantu orang terhubung dengan alam. Menghubungkannya dengan tubuh, pikiran dan jiwa, sehingga memungkinkan kreativitas mengalir bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Dalam studi lain, orang yang didiagnosis dengan depresi, mood rendah, konstan, dan bahkan gangguan bipolar diminta untuk menghabiskan waktu sebanyak enam jam dalam seminggu untuk berkebun tanaman bunga atau sayuran.

Setelah jangka waktu tiga bulan, setengah dari peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam penekanan gejala depresi. Suasana hati mereka terus meningkat tiga bulan setelah percobaan berkebun berakhir.

2. Melatih Tubuh

Tak hanya membuat Anda menghirup udara segar dan mendapatkan manfaat sinar matahari pagi, berkebun juga dapat membuat tubuh Anda selalu bergerak yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Misalnya saja gerakan menggali, menabur, dan tindakan yang dilakukan berulang-ulang kali lainnya. Hal ini sangat bagus untuk melatih tubuh seseorang, terutama bagi orang yang tidak bisa melakukan latihan fisik yang berat. Berkebun juga dapat membantu meningkatkan kebugaran orang yang sudah lanjut usia, orang cacat, atau mereka yang menderita sakit kronis.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat fisik dan mental yang berhubungan dengan berkebun bisa membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.

Dalam dua studi yang berbeda, yang merekrut peserta berusia 60 dan 70 tahunan selama 16 tahun, para peneliti menemukan bahwa orang yang sering berkebun memiliki 36 persen dan 47 persen risiko lebih rendah terkena demensia daripada orang yang tidak berkebun.

Loading...
Loading...