in

Ini Efek Samping Minum Air Dari Botol Plastik

Ilustrasi (foto: Boldsky)

Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tapi bagaimana jika meminum air itu sendiri justru membahayakan kesehatan tubuh Anda? Kasus seperti ini bisa terjadi jika Anda meminum banyak air dari botol plastik.

Jika Anda menggunakan botol plastik untuk menyimpan air, hal itu bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Tergantung dari plastik yang digunakan, jika plastiknya kurang berkualitas mungkin akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan serius seperti kanker.

Oleh sebab itu Anda harus tahu apa akibatnya jika menyimpan air dalam botol plastik. Seperti dilansir Boldsky, berikut efek samping meminum air dari botol plastik.

4. Pengunaannya berulang-ulang

Sebagian besar botol plastik yang digunakan dalam air kemasan itu biasanya digunakan untuk sekali pakai. Tapi banyak orang yang suka menggunakan berulang kali. Itulah yang bisa membuat minum air dari botol plastik sangat berbahya.

Bila Anda bertanya-tanya apakah minum air dari botol plastik itu aman atau tidak? Coba lihat apakah plastik yang digunakan bagus atau tidak. Biasanya kalau harga air dalam botol plastik itu murah berarti kualitasnya tidak baik.

3. Komplikasi kehamilan

Senyawa kimia yang disebut BPA digunakan dalam beberapa tipe botol plastik yang terbukti bisa menimbulkan komplikasi bagi ibu hamil dan janin. Pada dasarnya BPA bereaksi seperti faux-estrogen yang dapat mengakibatkan kelainan pada kromosom, sehingga bayi lahir dalam kondisi cacat.

2. Pubertas dini

Paparan bahan kimia yang meniru hormon seperti estrogen yang ditemukan dalam botol plastik dapat menyebabkan pubertas dini. Ini juga akan meningkatkan risiko terkena kanker prostat atau kanker payudara. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kualitas rendah botol air dapat mempengaruhi kesuburan juga.

1. Infeksi

Jika air tidak dimurnikan sesuai pedoman, kemungkinan besar ada banyak bakteri penyebab penyakit dalam air tersebut. Ditambah lagi botol yang digunakan, bakteri akan semakin sulit untuk dibersihkan. Jadi, pertimbangkan kembali jika mau minum air dalam boto plastik.

Loading...
Loading...