Life

Ini Alasan Kecoa Masuk ke Dalam Rumah Saat Musim Hujan

Ini Alasan Kecoa Masuk ke Dalam Rumah Saat Musim Hujan

Pernah nggak sih kamu melihat sekelompok kecoa berusaha masuk ke area rumahmu, terutama saat musim hujan? Ya, gerombolan serangga itu selalu keluar dari sarangnya usai hujan reda. Nah ternyata ada alasan mengapa kecoa seolah ‘bertransmigrasi’.

Alasannya sederhana. Mereka tidak ingin tenggelam dan mencari tempat aman untuk menyelamatkan diri, salah satunya masuk ke area rumahmu.

Ya, sebelum kecoa masuk ke area rumahmu, tempat tinggal mereka di saluran pembuangan. Saat hujan, saluran pembuangan menjadi banjir, kecoa mencari celah lain yang lebih tinggi, kering, serta dianggap aman untuk dijadikan rumah baru mereka.

Baca Juga : Terjadi! 5 Ramalan Orang Zaman Dulu yang Jadi Kenyataan

Ketika masuk ke dalam rumah, kecoak akan bersembunyi di area yang gelap, hangat, dan lembab, seperti dapur, kamar mandi, bahkan sampai hinggap di tempat peralatan rumahmu.

Jika hal ini terjadi, kita patut waspada karena kecoa dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tifus dan diare. Tapi sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi karena ada hal yang bisa mencegah kecoa berpindah ke dalam rumah.

Tips untuk mencegahnya Pertama, hindari adanya genangan air dalamrumah. Kecoak merupakan hama yang tidak dapat bertahan hidup lama tanpa air.

Untuk itu penting bagi Anda memperbaiki ruang-ruang di rumah yang kemungkinan memiliki genangan air akibat kebocoran seperti di bawah bak cuci piring dan di kamar mandi pada umumnya.

Kedua, rajin membersihkan rumah. Rumah yang bersih adalah kunci keberhasilan dari mengusir kecoak.

Segera bersihkan piring, countertops, dan tungku atau kompor karena kecoak tertarik dengan minyak.

Jangan lupakan juga untuk membersihkan lantai dapur sehingga tidak ada sisa makanan yang menempel karena itu juga dapat menarik kecoak.

Terakhir, buang sampah dapur ke tempat sampah yang berpenutup dan membuangnya ke tempat penampungan sampah setiap hari.

To Top