Life

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Awet muda merupakan dambaan setiap orang. Tapi penuaan bagian alami dari kehidupan yang tidak dapat dihindari. Seiring berjalannya waktu, penampilan pun akan berubah.

Namun, makanan yang Anda makan dapat membantu Anda menua lebih baik, baik dari luar maupun dari dalam.Berikut ini adalah beragam makanan yang bisa membantu Anda terlihat lebih muda.

Baca Juga : Bukan Cantik, Ternyata Hal Sederhana Ini yang Bikin Pria Jatuh Cinta Denganmu

1. Minyak zaitun

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu sumber lemak tersehat di dunia.

Minyak zaitun dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Minyak zaitun extra virgin memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, hampir 73 persen minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

2. Teh hijau

3 Makanan Super Ini Dapat Menghancurkan Lemak Perut dalam 1 Minggu

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas. Antioksidan mengubah strukturnya sehingga tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Teh hijau sangat tinggi antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan, dan penyakit jantung.

Polifenol juga dapat membantu melindungi kolagen, protein utama di kulit. Ini dapat mengurangi dan bahkan sebagian membalikkan beberapa tanda penuaan.

3. Ikan berlemak

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Ikan berlemak benar-benar merupakan makanan anti penuaan.

Lemak omega-3 rantai panjangnya bermanfaat melawan penyakit jantung, peradangan dan kolitis ulserativa, di antara banyak penyakit lainnya.

Asam lemak omega 3 juga dapat melindungi dari peradangan dan kerusakan yang terjadi selama paparan sinar matahari.

4. Cokelat hitam atau kakao

Proses Pembuatan Cokelat dari Biji Sampai Jadi Cokelat

Kandungan antioksidan dalam coklat hitam terbukti luar biasa. Kadarnya bahkan dilaporkan lebih kuat dari buah beri, seperti blueberry dan cranberry.

Antioksidan dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan fungsi arteri, termasuk elastisitas.

Cokelat mengandung antioksidan yang disebut flavanol, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, jumlah flavanol dapat bervariasi secara signifikan di antara berbagai jenis cokelat.

Baca Juga : Jangan Tidur di Jam Ini Jika Kamu Tidak Ingin Sakit

5. Buah delima

Tahukah Kamu? Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Membuat Ototmu Jadi Lebih Kuat

Delima adalah salah satu buah tersehat. Aktivitas antioksidan dalam buah delima bahkan tampaknya lebih tinggi daripada teh hijau.

Buah delima bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Berbagai bagian buah delima dapat bekerja sama untuk memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen.

6. Alpukat

5 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Miss V

Tak hanya lezat, alpukat baik untuk kesehatan karena kaya akan lemak sehat, serat, dan beberapa vitamin serta mineral penting.

Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi. Senyawa ini diketahui dapat melawan peradangan, melindungi kulit dari sinar matahari, dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi serta antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat juga dapat memberikan perlindungan kulit dan DNA tambahan.

7. Tomat

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Tomat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dikaitkan dengan kandungan likopennya yang tinggi.

Likopen dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. Tomat bekerja ganda untuk meningkatkan kecantikan.

Sementara karotenoid dan antioksidan membantu tubuh melawan oksidasi yang menua sel-sel kulit, tomat juga dapat meningkatkan pro-kolagen molekul yang membuat kulit kencang, struktur awet muda.

8. Kaldu tulang

Ingin Awet Muda? Cobalah Konsumsi 8 Makanan Ini

Kaldu tulang baru-baru ini menjadi sangat populer di kalangan orang yang sadar kesehatan.

Itu dibuat dengan memasak tulang dari daging, unggas, atau ikan untuk waktu yang lama. Proses memasak ini akan melepaskan mineral dan komponen bermanfaat lainnya dari bahan.

Salah satu komponen ini adalah kolagen, yang telah dikreditkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan otot dan tulang.

Meskipun tidak ada penelitian yang dipublikasikan tentang kaldu tulang itu sendiri, ada bukti yang menunjukkan bahwa kolagen di dalamnya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Saat dimasak, kolagen terurai menjadi gelatin yang kaya akan asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin.

Tubuh manusia dapat menyerap asam amino ini dan menggunakannya untuk membentuk kolagen baru di kulit.

 

Penelitian terkontrol telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan elastisitas, kelembapan, dan kekencangan kulit, sekaligus mengurangi keriput

To Top