Life

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Biar Glow Up, Hindari 7 Kesalahan Penggunaan Skincare Ini

Cuaca panas apalagi terus menerus diterpa sinar matahari menjadikan kulit menjadi kasar dan kering. Pigmentasi berlebihan karena cuacanya biasanya dialami beberapa bagian kulit seperti wajah, siku, bibir hingga lutut. Ternyata bukan hanya karena cuaca panas, gesekan berlebih dan pakaian ketat juga bisa membuat beberapa bagian tubuh menghitam seperti daerah selangkangan, bokong dan ketiak.

Untuk kamu yang memiliki masalah pigmentasi berlebih di beberapa daerah kulit, ada beberapa tips untuk mencerahkan kulit lho. Bagaimana caranya?

1.Untuk mencerahkan kulit wajah

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Wajah adalah bagian yang paling sering terpapar sinar matahari. Jika kamu kerap kali melewatkan tabir surya, hal ini jelas berbahaya karena selain menggelap kulit akan lebih cepat keriput akibat efek buruk sinar matahari. Untuk mencerahkan kulit wajah, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin C.

Vitamin C sangat bagus untuk mencerahkan, mencegah kerutan, dan mengecilkan pori-pori kulit. Kamu bisa menggunakan beberapa produk yang mengandung vitamin C. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan vitamin C dalam menu makanan harian ya agar hasilnya optimal.

2. Untuk mencerahkan bibir

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Bibir kerap kali menghitam karena penggunaan produk yang salah. Tidak menjaga kebersihan bibir juga menjadi salah satu penyebab bibir menghitam. Nah, untuk kamu yang memiliki masalah bibir gelap, kamu bisa mencoba membuat ramuan pencerah bibir alami.

Bahan yang kamu butuhkan adalah lemon, timun, dan kapas. Pertama, parut lemon kemudian peras airnya. Campurkan air timun dengan perasan lemon. Basahi kapas dengan campuran tersebut kemudian kompres bagian bibir sekitar 10-15 menit. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal ya.

3. Untuk mencerahkan siku dan lutut

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Siku dan lutut tak luput dari pengaruh pigmentasi berlebih pada kulit. Siku dan lutu biasanya lebih gelap dan kasar dibandingkan bagian kulit lainnya. Untuk mengatasinya kamu bisa membiasakan diri mengikis sel kulit mati pada bagian siku dan lutut secara teratur. Gunakan lulur dengan butiran halus untuk mencegah iritasi kulit.

Setelah melakukan eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati) biasakan untuk menggunakan pelembab seperti lotion, baby oil, atau minyak zaitun agar kulit tetap lembab dan lembut.

4. Untuk mencerahkan ketiak

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Ketiak menghitam biasanya diakibatkan kebiasaan mencabut atau mencukur bagian ketiak. Daerah ketiak menjadi kasar dan gelap juga bisa dikarenakan baju yang terlalu ketat sehingga ada gesekan berlebihan pada bagian ketiak.

Nah, untuk mencerahkan bagian satu ini kamu bisa memanfaatkan dua bahan yakni baking soda dan minyak kelapa. Caranya cukup mudah, yaitu tinggal campurkan baking soda ke dalam minyak kelapa secukupnya hingga membentuk pasta. Pasta tersebut bisa kamu olesk dan gosok perlahan pada bagian ketiak yang menggelap. Baking soda membantu mengangkat sel kulit mati, sedangkan minyak kelapa membantu melembabkan kulit.

5. Untuk mencerahan bokong

Dear Ladies, Ini Tips Mencerahkan Bagian Kulit yang Menghitam

Bokong memang bukan bagian tubuh yang akan kamu pamerkan setiap hari. Tapi bokong gelap bisa membuatmu kurang percaya diri. Bagian bokong biasanya gelap karena sering bergesekan dengan pakaian yang kita gunakan. Selain mengurangi penggunaan pakaian yang terlalu ketat, kamu juga harus terbiasa mengeksfoliasi bagian bokong dengan lulur. Setelah itu gunakan pelembab agar tetap terawat.

Itu dia beberapa tips sederhana bagaimana mencerahkan bagian kulit yang menggelap. Karena cara tersebut tergolong alami dan bisa dilakukan di rumah, kamu tentu harus konsisten saat melakukannya agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

To Top