in ,

Dalam Keadaan Seperti Ini, Baru Tahu Mana Sahabat Sejati Mana Teman

Perbedaan sahabat dan teman
Ilustrasi (pexels.com)

Arti sahabat dan teman sebenarnya tidak sama. Kalau diartikan melalui kata-kata, memang tak ada yang berbeda. Tapi kalau dilihat dari prilaku dan perbuatan, ada perbedaan spesifik antara sahabat sejati dan teman.

Tidak semua teman yang berada di dekatmu bisa disebut sahabat. Dari 10 teman yang kamu miliki, paling hanya satu atau dua saja yang layak disebut sahabat. Memang sulit membedakan mana sahabat dan teman.

Namun dalam keadaan dan situasi tertentu, baru kedok mereka bisa terungkap satu per satu. Kamu akan tahu mana yang sebenarnya sahabat sejati yang selalu ada untukmu dan mana teman yang hanya ada pas senangnya saja.

loading...

1. Saat kamu membutuhkan pertolongan

Perbedaan sahabat dan teman

Ketika kamu membutuhkan pertolongan, kadang teman kamu ada yang enggan menolong dengan berbagai macam alasan. Kalau alasannya logis, kamu pasti bisa menerima, tapi kalau alasannya agak kurang logis, kamu pasti merasa sedikit kesal.

Seorang sahabat sejati akan selalu membantu kamu selama itu masih memungkinkan. Walau dirinya sibuk, setidaknya dia akan meluangkan sedikit waktunya untuk membantu kamu atau paling tidak memberikan saran kepadamu. Jika dia benar-benar tidak bisa, dia akan meminta maaf kepadamu. Hati kamu pasti akan merasa kalau permintaan maaf dan perkataannya tulus banget alias tidak bohong.

Contoh: Kamu sedang butuh sekali pertolongan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Lalu kamu meminta bantuan pada teman kamu.

Kurang lebih, sahabat sejati akan menjawab seperti ini: “Ayo aku bantu kamu selesaikan masalah kamu”, “Jangan khawatir, aku pasti akan membantu kamu”, jika tidak bisa, “Aduh itu diluar kemampuanku, tapi aku akan berusaha membantumu”, “Maaf aku gak bisa bantu karena ada urusan, kalau udah selesai urusannya nanti ku bantu.”

Kalau teman paling akan berkata seperti ini: “Maaf gak bisa, aku ada urusan”, “Segitu saja sulit, selesaikan saja sendiri”, “Aduh gimana yah, aku ada urusan.”

Kesimpulannya, seorang sahabat sejati akan selalu membantu kamu tiap waktu, sedangkan teman hanya akan membantu ketika dia mau.

2. Ketika kamu berduka

Perbedaan sahabat dan teman

Sahabat sejati akan selalu memikirkan perasaan kamu. Jika kamu sedang sedih, dia akan menghiburmu walau harus mengorbankan waktunya. Kalau teman gak akan terlalu peduli soal perasaan kamu.

Contoh: Ketika kamu kehilangan orang yang dicintai (kakek, nenek, ibu atau ayah), seorang sahabat pasti akan langsung datang ke rumah kamu untuk mengucapkan bela sungkawa meskipun harus menempuh perjalanan jauh dan mengorbankan waktunya. Kalau teman, paling ngucapin bela sungkawa via chat, padahal jaraknya gak terlalu jauh dari rumah kamu.

Intinya seorang sahabat tidak akan rela jika kamu terus bersedih dan akan terus berusaha mengiburmu semampunya. Kalau teman paling cuma diam saja dari kejauhan seolah tak peduli dengan keadaanmu.

3. Saat kita melakukan kesalahan

Perbedaan sahabat dan teman

Ketika kita melakukan kesalahan, sahabat akan memberikan nasihat kepada kamu bahwa itu salah. Sedangkan teman cenderung suka mengungkit kesalahan kamu, lalu menggosipkannya ke orang lain.

4. Ketika kamu sedang susah

Perbedaan sahabat dan teman

Saat senang, semuanya ada di dekatmu, tapi ketika kamu susah, entah kemana teman-teman kamu. Orang yang tersisa yang selalu ada di dekatmu ketika susah, itu adalah sahabat sejati. Buat yang meninggalkan kamu, mereka hanyalah sahabat yang tidak tahu diuntung.

Begitulah kira-kira perbedaan antara sahabat dan teman jika dilihat dari situasi tertentu. Kamu jangan sampai menyia-nyiakan sahabat sejati kamu yah!

loading...
loading...
Loading...
Loading...