in ,

Ciri-Ciri Orang yang Bergabung dengan Kelompok Teroris

Ciri-Ciri Orang yang Bergabung dengan Kelompok Teroris
Foto: conservativereview.com

Indonesia kembali lagi dirundung duka pasca serangan bom bunuh diri yang menyerang Gereja Santa Maria Tak Bercela dan dua gereja lainnya di Surabaya pada pagi tadi, Minggu (13/5/2018). Sejauh ini, korban tewas dilaporkan sudah ada 10 orang dan 41 orang mengalami luka-luka.

Kejadian ini mengingatkan kita kembali akan bahayanya serangan terorisme di Indonesia. Polisi dan aparat keamanan negara lainnya pasti kesulitan mengatasi para teroris mengingat mereka sulit diidentifikasi karena beroperasi secara tersembunyi. Inilah jadi penyebab utama kenapa terorisme sulit diberantas di tanah air kita ini.

Diperlukan dukungan dari semua kalangan masyarakat untuk membantu aparat keamanan negara menangkap para teroris dengan melaporkan aktivitas-aktivitas janggal di daerah masing-masing. Menurut polisi, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali dari seseorang yang diduga tergabung dalam sebuah kelompok teroris.

loading...

Berikut ciri-ciri teroris yang berhasil WowMenariknya.com himpun dari berbagai sumber.

1. Tertutup

Anggota teroris biasanya suka tinggal di tengah-tengah masyarakat, seperti di pedesaan atau perkotaan. Namun mereka jarang berbaur dengan warga sekitar dan lebih menutup diri dari depan umum.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Teroris

2. Kerjaannya gak jelas

Para teroris memiliki uang yang cukup meski pekerjaan mereka kurang jelas dan bahkan mereka seperti tidak bekerja. Hal itu dikarenakan mereka mendapat uang langsung dari komplotannya.

3. Tinggal sendirian

Menurut polisi, biasanya anggota teroris suka tinggal sendirian di dalam rumah yang mereka sewa atau miliknya sendiri. Mereka seperti tidak memiliki keluarga padahal punya, hanya saja mereka lebih memilih menyendiri karena tidak ingin aktivitasnya diketahui. Kadang kala, suka ada beberapa orang bergantian menginap di rumahnya secara sembunyi-sembunyi.

4. Suka melakukan aktivitas mencurigakan

Warga harus peka terhadap seseorang yang tinggal di daerahnya. Jika mereka jarang bersosialisasi, bertingkah aneh dan suka melakukan aktivitasnya di malam hari, bisa jadi orang tersebut adalah anggota teroris. Pasalnya teroris suka mengirimkan bom rakitan saat malam hari.

Ciri-ciri di atas tak sepenuhnya benar, akan tetapi masyarakat harus mengetahui ciri-ciri tersebut karena masyarakat berperan penting dalam pemberantasan terorisme. Jangan sampai acuh terhadap seseorang yang dicurigai sebagai anggota teroris.

loading...
loading...
Loading...
Loading...