in ,

Bunda, Ketahui Tanda-Tanda Anak Korban Bully

Bunda, Ketahui Tanda-Tanda Anak Korban Bully 1
Foto: Whyy

Belajar dari kasus yang menimpa Audrey, banyak orang tua yang khawatir karena takut anaknya jadi korban bully di sekolah. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebenarnya orang tua memainkan peranan penting dalam menjaga anaknya dari tindakan kekerasan dan penganiayaan.

Agar anak Anda tidak jadi korban kekerasan, kenali tanda-tanda anak yang jadi korban bully, baik itu di sekolah atau di luar.

loading...

1. Sering murung ketika di rumah

Kalua anak Anda sering terlihat murung ketika di rumah, jarang berinteraksi, bisa jadi anak Anda mengalami kekerasan atau penghinaan di sekolah. Kalau Anda bertanya kepadanya apa yang terjadi, anak pasti enggan berbicara.

Dia tidak ingin orang tuanya mengetahui apa yang dialaminya. Ini sudah jadi tugas orang untuk menyelidiki apa yang terjadi dengan anak Anda.

Baca Juga: 5 Pelajaran Yang Harus Diberikan Pada Anak Agar Tidak Jadi Korban Bully

2. Wajahnya terlihat sedih

Ketika anak pulang sekolah, coba perhatikan wajahnya, apakah dia terlihat sedih atau tidak. Wajah sedih berbeda juah dengan wajah lelah. Setelah anak masuk rumah, coba tanya kepadanya bagaimana di sekolah. Jika anak menjawab tidak ada apa-apa dengan suara yang kecil dan wajah yang sedih, bisa jadi anak Anda jadi korban bully di sekolah.

3. Enggan pergi ke sekolah tanpa alasan yang jelas

Jika anak Anda tiba-tiba enggan pergi ke sekolah karena alasan yang tidak jelas, mungkin dia takut di bully lagi oleh teman-temannya. Tanya dia baik-baik apa yang terjadi, usahakan bagaimana caranya agar dia mau berbicara.

4. Periksa tubuhnya, apakah ada luka atau tidak

Kalau Anda melihat bagian tubuh anak ada luka yang mencurigakan, tanyakan kepada dia dari mana luka itu. Takutnya dia mendapatkan kekerasan dari teman-temannya. Kalau anak berbohong ketika ditanya, perkataannya mungkin agak kaku dan wajahnya terlihat sedih.

Itulah beberapa tanda anak yang jadi korban bully. Jika Anda melihat tanda-tanda ini pada anak, Anda harus cepat bergerak secara bijak agar anak tidak menderita lagi karena bully.

loading...
Loading...
Loading...