in ,

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah
Foto: quora.com

Hidup itu saling berpasangan, ada siang dan malam, ada senang dan susah, keduanya itu akan terus silih bergantian selama kita hidup di dunia ini. Tidak ada satu manusia pun yang terus menerus merasa bahagia, begitu pula tidak ada satu manusia pun yang merasa susah terus. Namun kebanyakan orang selalu menganggap kesusahan itu disebabkan karena kurangnya uang.

Ya, lembaran kertas ini memang kita perlukan untuk menunjang kehidupan kita. Akan tetapi yang membuat hidup kamu selalu merasa susah bukan karena kurangnya uang, tapi hati kamu yang selalu rakus dan tidak pernah bersyukur atas apa yang sudah didapatkan. Empat point berikut inilah yang sebenarnya selalu membuat hati kamu selalu merasa kurang dan susah.

1. Terlalu banyak keinginan

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah
Foto: femina.co.id

Yang membuat hidup kamu selalu merasa kurang dan kurang karena kamu terlalu banyak keinginan di luar jangkauan kamu. Selalu berangan-angan mendapatkan sesuatu yang belum tentu bisa kamu dapatkan bisa membuat hidup selalu merasa susah. Tapi ini bukan berarti kamu tidak boleh punya keinginan, di sini kamu harus bisa mengontrol keinginan kamu sesuai kemampuan. Kurangi angan-angan dalam pikiran kamu dan pikirkanlah sesuatu yang sedang kamu hadapi sekarang.

Baca Juga: Tips Agar Impian Kamu Terwujud di Tahun 2018

2. Tidak bersyukur

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah
Foto: rebanas.com

Meski kedengarannya enteng, tapi mengucapkan syukur dengan ikhlas dalam hati pasti berat sekali rasanya. Bersyukur dalam kondisi apapun, baik itu ketika senang maupun susah adalah kunci kebahagiaan. Kebanyakan dari kita hanya bersyukur ketika mendapatkan sesuatu yang manis, tapi ketika giliran mendapatkan sesuatu yang pahit, rasa syukur itu tidak ada sama sekali dalam hati dan malah menolaknya seperti hidup ini kita yang ngatur sendiri, bukan Allah.

Bersyukurlah dalam kondisi apapun dan bersyukurlah atas nikmat apa saja yang kita terima meskipun nilainya kecil. Jika hati sudah mampu bersyukur, pasti hidup kamu akan berada dalam kepuasan meskipun kamu hidup sederhana.

3. Selalu melihat ke atas jarang melihat ke bawah

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah
Foto: cermati.com

Selalu melihat orang yang berada di atas kita dari segi ekonomi bisa membuat hati kamu merasa resah. Kamu akan berangan-angan untuk jadi seperti dia, sementara kemampuan kamu berada di bawahnya. Seandainya bila kamu jadi seperti dia, niscaya kamu akan tetap menemukan orang yang berada di atas kita.

Baca Juga: Bukan Tertawa, Puncaknya Bahagia Itu Adalah Menangis

Tapi cobalah orang yang berada di bawah kita, di luar sana masih banyak yang kekurangan makanan, tidak memiliki rumah, dan hidup seadanya. Dengan melihat orang yang berada di bawah kita, hati kita akan terenyuh dan bahkan bisa bersyukur atas apa sudah kita dapatkan sekarang.

4. Tidak punya pegangan

Bukan Uang, 4 Hal Ini yang Membuat Hidup Kamu Selalu Merasa Susah
Foto: muslimah.or.id

Apakah dalam kehidupan ini kamu punya pegangan? Orang yang tidak memiliki pegangan dalam hidup ini akan mudah putus asa dan bersedih ketika mendapatkan sesuatu yang pahit. Hidupnya seolah usai dan masalah yang dihadapinya seolah tidak akan pernah selesai. Tapi jika kamu punya pegangan, sesulit apapun kehidupan kamu, pasti kamu akan selalu merasa optimis dan bahagia menjalani arus kehidupan ini. Dan sebaik-baiknya pegangan adalah Allah.

Jadi, uang bukan jadi penyebab kenapa hati kamu selalu merasa susah dan kurang. Meskipun seseorang penghasilannya sudah 1 miliar ke atas per bulan, maka dia tetap tidak akan pernah merasa puas dan lepas dari kesusahan selama dia belum bisa melakukan empat poin di atas.

Loading...
Loading...