Life

Bukan Karena Lapangan Kerja, Ini 4 Alasan Banyak Sarjana Nganggur

Bukan Karena Lapangan Kerja, Ini 4 Alasan Banyak Sarjana Nganggur

Waktu kuliah dulu, pasti suka terlintas di benak kita kalau jadi sarjana itu kayaknya enak. Mudah diterima kerja di perusahaan-perusahaan ternama, gajihnya tinggi dan bakalan dapat posisi penting di sebuah perusahaan.

Gak salah sih anggapan begitu, tapi kenyataannya malah berbanding terbalik. Kebanyakan sarjana masih susah payah mencari kerja setelah lulus kuliah. Meskipun punya gelar S1, tapi tetap saja mencari kerja itu sulit dan akhirnya banyak yang nganggur.

Mungkin lapangan kerjanya kurang, tapi sebenarnya bukan masalah lapangan kerja yang kurang, melainkan ada pada diri sarjana itu sendiri.

Karena gengsi, tidak punya skill dan pengalaman, akhirnya banyak sarjana nganggur meski banyak lowongan kerja.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah, Hasilnya Lumayan Lho!

1. Gengsinya tinggi

“Aku-kan sarjana, harusnya aku kerja di perusahaan berkelas donk dengan gajih besar pula. Malas deh kalau harus kerja di perusahaan kecil, gajihnya dikit, gak keren lagi.”

Karena minatnya cuma di perusahaan besar, alhasil banyak sarjana nganggur dikarenakan sulitnya kualifikasi kerja.

Tapi di sisi lain mereka malas bekerja di perusahaan kecil meskipun banyak lowongan dan persyaratannya mudah. Alhasil mereka lebih memilih nganggur saja sampai mereka bisa diterima di perusahaan besar.

2. Punya ilmu tapi tidak punya skill

Selama bertahun-tahun kuliah, tak diragukan lagi kalau seorang sarjana hapal betul apa yang dipelajarinya. Masalahnya mereka tahu ilmunya saja tapi cara mempraktikannya tidak tahu.

Perusahaan tidak butuh nilai atau IPK, yang penting skill sesuai yang dibutuhkan. Meskipun nilai kamu bagus tapi skill tidak punya, jangan harap bisa diterima kerja.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Cocok Untuk Job Seeker

3. Tidak memiliki pengalaman untuk dijadikan modal mencari kerja

Jangan gengsi kerja di perusahaan kecil setelah lulus kuliah. Ingat kamu itu belum punya pengalaman kerja apapun, jangan harap kamu tiba-tiba bisa kerja di perusahaan besar dengan posisi tinggi. Kecuali kamu punya kemampuan khusus atau ayah kamu adalah seorang bos.

Pengalaman itu sangat penting dan kedepannya bisa dijadikan modal untuk mencari kerja di perusahaan yang lebih besar. Sedikit demi sedikt, kemampuan kamu dalam bekerja akan semakin mahir.

4. Mindsetnya hanya soal mencari kerja

Ini yang suka keliru dipikirkan oleh para sarjana. Yang ada di benaknya hanya soal bagaimana cara mencari kerja di perusahaan dan dapat gajih besar.

Coba ubah mindsetnya dari yang awalnya mencari kerja jadi menciptakan pekerjaan. Maksudnya kamu memiliki keinginan untuk menciptakan usaha sendiri di mana kamu sebagai bosnya.

Bayangkan enak mana, kerja di perusahaan orang lain atau kerja di perusahaan sendiri di mana kamu sebagai bosnya? Jika dibandingkan dengan pekerja, tentu saja penghasilanmu jauh lebih besar.

Hanya saja untuk memulai usaha sendiri diperlukan keberanian dan mental yang kuat. Jangan takut gagal karena kesuksesan itu berawal dari kegagalan

Mulai dari sekarang, yuk ubah pola hidup dan mindset kita!

You May Like

Loading...
To Top