Life

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah atau bekerja? Beberapa di antara kamu mungkin sedang ada dalam posisi memilih kuliah dulu atau bekerja dulu. Tentu kebanyakan orang akan menyarankan untuk memilih kuliah terlebih dahulu. Karena, saat kamu memilih bekerja, kamu akan mulai terlena dan malah melupakan niat untuk kuliah.

 

Karena sebuah kondisi, kamu justru harus kuliah sambil bekerja. Tentu hal ini bukan hal mudah. Selain kamu harus mengatur waktu, kamu juga harus mempersiapkan fisik dan mentalmu. Tekanan dalam dunia perkuliahan dan pekerjaan jelas berbeda. Nah, di bawah ada beberapa tips agar kamu tetap lancar kuliah sambil bekerja.

Baca Juga : Ini Dia Perbedaan Mencolok Orang Sukses dan Tidak Sukses

1.Atur jadwal

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Jadwalmu tentu sangat padat. Kamu harus menghadiri kuliah tanpa mengganggu waktu kerjamu. Hal ini tentu sulit dilakukan apalagi jika kamu bukan orang yang terbiasa mengatur waktu. Cobalah untuk meluangkan waktu 15-30 menit sebelum tidur untuk menyiapkan jadwal yang harus kamu lakukan keesokan hari.

Hal ini akan membuatmu menjadi lebih efektif dan efisien saat menggunakan waktu. Tidak ada waktu terbuang sia-sia dan tentu saja kamu akan fokus dalam melaksanakan kewajibanmu.

2. Tentukan prioritas

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Setelah mengatur jadwal, kamu tentu bisa melihat mana prioritas mana bukan. Jika ada sisa waktu, manfaatkan sebaik mungkin. Entah itu untuk mengerjakan tugas kuliah, atau pekerjaan yang belum selesai.

Jangan membuang waktu dengan hal yang bukan prioritasmu. Misalnya berkumpul bersama teman hingga larut malam, maraton drama, terlalu lama melihat media sosial dan hal tak penting lainnya. Selain menyia-nyiakan waktu, kamu akan sulit fokus untuk merah tujuanmu.

3. Manfaatkan akhir pekan sebaik mungkin

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Kamu tentu perlu beristirahat. Gunakan waktu akhir pekan untuk memanjakan diri. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai di akhir pekan. Pikiran dan badanmu memerlukan istirahat agar bisa berkativitas lagi dengan baik di esok hari.

4. Hindari menumpuk tugas

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Sadar atau tidak, godaan media sosial menjadi musuh terbesar kebanyakan orang. Banyak orang menghabiskan waktu di media sosial padahal banyak hal positif yang bisa mereka lakukan. Kamu juga harus mengontrol diri agar tak terjebak dalam situasi tersebut.

Baca Juga : Gengsi Bicara Langsung Padamu, Ini 5 Tanda Mantan Minta Balikan

Kurangilah frekuensi bermain media sosial. Manfaatkan waktu untuk membereskan tugas kuliah dan pekerjaanmu. Jangan sampai menunda atau menumpuk tugas-tugas yang akan membuatmu tersiksa di kemudian hari. Bukankah menyenangkan jika tugas selesai lebih awal? Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal yang kamu sukai.

5. Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan olah raga

Begini Triknya Agar Sukses Kuliah Sambil Bekerja

 

Kuliah sambil bekerja tentu membutuhkan energi ekstra. Untuk itu kamu perlu memperhatikan asupan makananmu. Jangan sampai pola makanmu berantakan yang berakhir dengan masalah pencernaan. Hal tersebut tentu akan menghambat aktivitasmu.

Selain itu, jangan malas juga untuk berolah raga. Olah raga bukan hanya baik untuk tubuh agar bugar namun baik juga untuk otak. Olah raga dipercaya dapat mengurangi stres, dan pikiran lebih jernih.

Nah, itu dia beberapa trik agar kamu bisa sukses kuliah sambil bekerja. Semoga bermanfaat!

To Top