Life

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

Sheet mask menjadi trend beberapa tahun belakangan ini. Sheet mask adalah sejenis masker berbentuk seperti tisu dengan kandungan essence atau serum di dalamnya. Kamu kini bisa dengan mudah menemukan berbagai macam jenis sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara menggunakan sheet mask yang baik dan benar?

Baca Juga : 5 Tips Penting Untuk Atasi Kulit Berminyak

1.Gunakan setelah menggunakan skin care berbentuk cair

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto: Beauty Insider Malaysia

Sheet mask tidak dapat menggantikan produk skin care yang lain, namun sheet mask berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan skin care sebelumnya. Menggunakan sheet mask setelah mengaplikasikan essence dan serum sebelumnya dapat mengoptimalkan kedua skin care tersebut.

Sheet mask mencegah essence dan serum yang kita gunakan agar tidak cepat menguap. Sheet mask juga membantu penyerapan produk lebih optimal.

2. Jangan menggunakan sheet mask berkali-kali

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto: Skin Library

Harganya memang murah dan kandungan essence di dalamnya cukup banyak. Namun hal ini bukan berarti kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Sheet mask yang sudah kamu gunakan tidak bisa kamu gunakan kembali. Kandungannya yang penting akan berubah jika kamu menggunakan kembali sheet mask.

Berharap mendapatkan kulit sesuai klaim dalam sheet mask, kamu justru akan mendapatkan kulit bermasalah seperti berjerawat, komedo, dan lain sebagainya jika menggunakan kembali sheet mask bekas.

3. Memilih sheet mask sesuai kebutuhan

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto: The Baller On The Budget

Fungsi utama sheet mask adalah untuk melembabkan kulit. Kandungan yang beragam dalam sheet mask belum tentu baik untuk kulit. Sheet mask biasanya mengandung kurang dari 20 bahan di dalamnya. Jika kandungan dalam sheet mask yang kamu gunakan lebih dari 20 atau bahkan lebih dari 30, kulitmu akan kewalahan menerimanya. Apalagi jika kamu menggunakannya setiap hari.

Kandungan yang terdapat di dalamnya tidak akan terserap kulit sehingga menjadi sia-sia. Untuk itu, penting dalam memilih sheet mask sesuai kebutuhan kulit.

4. Perhatikan apakah kamu bisa menggunakan sheet mask setiap hari atau tidak

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto: FaceTory

Sheet mask memang sangat menenangkan jika dipakai selepas bekerja. Apalagi jika digunakan setiap hari. Tapi, apakah kamu yakin jika sheet mask digunakan setiap hari bisa memberikan efek baik untuk kulit? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menggunakan sheet mask setiap hari.

Kamu harus mengecek 3 hal sebelum berniat menggunakan sheet mask setiap hari. Pertama, apakah kandungan di dalamnya tidak terlalu banyak. Kedua, apakah kandungan di dalamnya tidak mengiritasi kulit. Ketiga, apakah kandungan dalam sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

5. Cara menyimpan sheet mask

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto:

Suhu yang baik untuk sheet mask adalah sekitar 15 derajat celcius. Jika kamu ingin menggunakan sheet mask yang bisa menyejukan kulit, kamu bisa menyimpan sheet mask dalam kulkas sekitar 10 menit sebelum digunakan. Jika kamu terlalu lama menyimpannya dalam kulkas, kandungan bahan di dalamnya bisa terkontaminasi. Sheet mask yang terlalu dingin juga mampu mengiritasi kulit khususnya kulit sensitif.

6. Gunakan sheet mask tidak lebih dari 10 menit

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask yang Baik dan Benar?

foto: my-best.id

Segera lepaskan sheet mask dari wajah jika sudah 10 menit. Membiarkan sheet mask terlalu lama pada kulit, apalagi sampai sheet mask mengering justru akan menghilangkan kelembaban dalam kulit. Untuk memperoleh hasil maksimal, cuci wajah terlebih dahulu, gunakan skin care berbentuk cair, gunakan sheet mask selama 10 menit, kemudian lanjutkan dengan skin care berbentuk krim.

Itu dia beberapa cara yang baik dan benar dalam menggunakan sheet mask. Semoga bermanfaat!

To Top