in ,

Apa yang Terjadi Jika Nuklir Diledakan di Palung Mariana?

Apa yang Terjadi Jika Nuklir Diledakan di Palung Mariana?
Foto: YouTube

Palung Mariana dikenal sebagai palung paling dalam di planet ini yang lokasi kedalamannya terletak di kerak bumi. Pada dasarnya Mariana adalah ngarai yang memiliki kedalaman 10.923 meter, lebar 69 km, serta tekanan air di bagian terdalamnya mencapai 8 ton.

Lalu pernah berpikir tidak, apa yang terjadi jika nuklir di ledakan di Palung Mariana? Ambil contoh nuklir jenis Tsar milik Soviet yang terkenal memiliki daya ledak mencapai 58,6 megaton dimana gelombangnya mampu mengelilingi bumi sebanyak 3 kali. Apa jadinya jika bom Tsar diledakan di dalam Palung Mariana?

Sebuah video yang diunggah ke YouTube oleh akun Ridle akan memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Video animasi tersebut menjelaskan hal-hal mengerikan yang akan terjadi di seluruh muka bumi jika seandainya nuklir diledakan di Palung Mariana.

Gelombang tsunami akan menenggelamkan negara.

Apa yang Terjadi Jika Nuklir Diledakan di Palung Mariana?
Foto: YouTube

Ledakan itu bisa memciu gelombang tsunami setinggi 400 kaki yang cukup untuk menenggelamkan Jepang dan seluruh negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Video Animasi Mengerikan Tentang Evolusi Senjata Nuklir

Setengah dari Australia akan tenggelam dan China kemungkinan besar akan memiliki nasib yang sama dengan Atlantis. Kota-kota besar seperti San Francisco dan Los Angeles juga akan dihantam gelombang setinggi 250 kaki.

Bencana lain akan melanda seluruh muka bumi.

Apa yang Terjadi Jika Nuklir Diledakan di Palung Mariana?
Foto: YouTube

Jika seandainya nuklir diledakan di bagian paling bawah palung, maka efeknya sangat mengerikan. Selain tsunami, bencana lain seperti gempa, gunung meletus dan tentunya radiasa akan melanda seluruh dunia.

Ledakan bom akan menyebabkan dua lempeng tektonik, yakni lempeng Pasifik dan Filipina, jadi bergeser atau bahkan berbenturan. Dampak dari pergerakan lempeng tersebut akan menyebar ke seluruh dunia dalam hitungan detik karena setara dengan kecepatan suara.

Gempa bumi berkekuatan dahsyat akan mengguncang sebagian besar wilayah di muka bumi ini sampai hancur. Ditambah lagi ledakan akan memicu magma dari perut bumi keluar dan menyebabkan gunung meletus. Langit akan gelap karena abu vulkanik dan kondisi bumi akan benar-benar kelam seperti hari kiamat. Belum lagi ditambah radiasi yang menyebar dengan cepat.

Pada intinya, ledakan ini akan menyebabkan kepunahan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Jadi berdoalah semoga hal ini tidak akan terjadi.