in ,

Alasan Anda Jangan Makan Sambil Minum, Bahaya Soalnya!

Alasan Anda Jangan Makan Sambil Minum, Bahaya Soalnya!
Foto: idvia.com

Makan sambil minum sudah jadi kebiasaan umum yang hampir dilakukan semua orang. Sekilas memang tidak ada yang salah kalau Anda minum ketika sedang makan. Tapi mulai sekarang sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Dikutip dari Boldsky, menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum tidak boleh dilakukan saat makan. Emang kenapa? Simak alasannya berikut ini:

1. Meningkatkan risiko sembelit

Ketika Anda makan sambil minum, maka risiko menderita sembelit lebih besar. Pasalnya sistem pencernaan tak akan bisa mencerna makanan dengan baik. Akibatnya nanti Anda bisa menderita sembelit.

2. Mencairkan asam klorida

Senyawa asam klorida bisa berkurang bila Anda minum sambil makan. Asam klorida bisa menipis karena air, yang nanti akibatnya bisa fatal karena makanan tidak dihancurkan dengan baik. Dampak buruknya lagi nutrisi pada makanan tidak akan teruraikan dengan baik.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan?

Sekedar pengetahuan, asam klorida sangat berperan penting dalam membuat sistem pencernaan bekerja dengan maksimal.

3. Menyebabkan perut kembung

Karena terlalu banyak minum saat makan, tak jarang perut Anda menjadi kembung. Hal ini berisiko mengganggu pencernaan tubuh Anda. Selain itu, Anda hanya akan kenyang oleh air, bukan dengan makanan. Akibatnya Anda akan mudah lapar lagi nantinya.

Jadi sebaiknya Anda jangan terlalu banyak minum ketika sedang makan. Minumlah secukupnya, terutama setelah makan.