in

8 Makanan Ini Akan Menjaga Jantung Tetap Sehat

Salmon dan tuna (foto: nutritionalthinking.wordpress.com)

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Biasanya penyakit ini menyerang orang dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti suka merokok, jarang berolahraga, banyak mengonsumsi makanan tidak sehat dan masih banyak lainnya.

Jadi sudah seharusnya kita menjaga jantung agar tetap sehat dengan memulai menerapkan gaya hidup yang sehat, salah satunya banyak mengonsumsi makanan-makanan penjaga jantung ini. Seperti dilansir Times of India, berikut 10 makanan yang akan menjaga jantung agar tetap sehat.

8. Kacang Hitam

Kacang hitam sudah dikemas lengkap dengan folat, antioksidan, dan magnesium yang baik untuk menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Hasilnya akan membuat jantung dalam zona yang aman.

7. Salmon dan Tuna

Dua ikan ini merupakan sumber terbesar dari omega-3 dan anti-oksidan. Keduanya itu merupakan penjaga jantung dari penyakit jantung.

6. Buah Kenari

Memiliki secangkir buah kenari dalam sehari dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga dapat mengurangi peradangan arteri.

5. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini mengandung pektin yang bisa melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Antioksidan hesperidin dalam jeruk juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Wortel

Meskipun manis, wortel sangat baik untuk mengontrol diabetes, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Mereka juga membantu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Ubi

Ubi kaya akan vitamin A, serat dan lycopene yang membuat mereka jadi makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Oat

Dalam segala bentuk, oat dapat membantu jantung agar tetap sehat dan mengusir kolesterol jahat. Biasanya banyak orang membuat sereal oat atau oatmeal agar hasilnya maksimal bagi kesehatan jantung.

1. Biji Rami

Fiber, phytochemical atau lignan, dan ALA merupakan, komponen penting yang ada dalam biji rami yang membuat mereka menjadi pelindung yang baik untuk jantung. Memiliki sesendok biji rami bubuk dalam sehari baik itu berupa sereal atau salad adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Loading...
Loading...