Life

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

https://www.wowmenariknya.com/fun/selebriti/wah-ada-barang-barang-aneh-yang-ditemukan-dalam-tas-5-artis-korea-ini/

Kamu pasti tak asing dengan istilah mukbang. Mukbang adalah sebuah siaran yang menampilkan seseorang memakan sejumlah makanan dalam jumlah cukup besar. Mukbang sudah dikenal di Korea Selatan sejak tahun 2010. Inilah mengapa banyak warga Korea yang membuat siaran mukbang.

Dengan porsi yang bisa dibilang cukup besar, kamu pasti sering menemukan banyak dari mereka yang bertubuh ideal. Tidak terlalu kurus atau gemuk. Bukan hanya mereka yang gemar mukbang, masyarakat Korea rata-rata memang memiliki tubuh yang ideal.

Tubuh ideal bukan hanya bisa dilihat di drama atau idol Korea. Orang Korea memiliki standar tersendiri khususnya dalam berat badan. Mereka menganggap hal tersebut sedikit sensitif sehingga berat badan menjadi perhatian sebagian orang. Lalu, bagaimana bisa mereka menjaga berat badan mereka?

Baca Juga : Wah, Ada Barang-barang Aneh Yang Ditemukan dalam Tas 5 Artis Korea Ini

1.Makan di rumah

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Viu

Jika kamu penggemar drama Korea, kamu pasti kerap kali menemukan adegan di mana para pemain memasak dan makan di rumah. Meski makanan sederhana, mereka tetap menikmatinya. Dan jangan terkejut jika kamu melihat menu makanan yang mereka buat. Mereka biasanya membuat makanan dengan menu seimbang. Nasi, lauk, dan sayur atau sup adalah menu yang biasa kita lihat di meja makan orang Korea.

Inilah alasan pertama mengapa mereka tetap sehat dan bisa mengontrol berat badan mereka. Selain itu, makan di rumah juga akan lebih bersih dan hemat jika makan di luar.

2. Selalu mengkonsumsi air putih dan teh

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Korean Dramaland

Dibandingkan dengan minuman bersoda, jus kemasan, atau minuman manis lainnya, air putih dan teh barley adalah minuman terlaris di Korea. Hal ini membuat kadar gula dan nafsu makan mereka bisa terjaga dengan baik. Air putih dan teh juga dipercaya memberikan efek yang baik bagi kulit.

3. Konsumsi makanan rendah kalori dan bergizi tinggi

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Youtube

Meski kamu sering melihat seseorang melakukan mukbang makanan tak sehat, bukan berarti makanan tersebut ia konsumsi tiap hari lho. Sehari-hari, orang Korea tetap menjaga asupan makanan mereka dengan memilih makanan rendah kalori dan bergizi tinggi. Jika kamu bandingkan dengan Indonesia, menu makanan Indonesia kebanyakan tinggi kalori, tinggi gula namun gizinya rendah.

Sayuran menjadi menu yang paling disukai masyarakat Korea. Bayam, tauge, dan timun adalah beberapa sayuran yang jarang absen di atas meja makan. Tak hanya sayuran segar, sayuran fermentasi seperti kimchi dan acar juga jadi menu favorit masyarakat Korea lho.

4. Mengurangi konsumsi junk food

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Korean Dramaland

Sama seperti alasan pertama, memasak dan makan di rumah menjadi alasan mengapa orang Korea bisa menjaga berat badan dengan baik. Bukan tidak suka, orang Korea jarang mengkonsumsi junk food karena tidak terlalu banyak restoran yang menyediakan makanan tersebut. Dibandingkan restoran junk food, sepertinya restoran lokal yang menjual makanan khas Korea lebih banyak dan lebih laris.

5. Memperhatikan asupan protein

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Netflix

Rahasia menjaga berat badan adalaj asupan makanan yang seimbang. Jangan hanya karbohidrat yang kamu perhatikan. Kamu juga harus memperhatikan protein baik hewani maupun nabati. Dalam menu makanan Korea, daging dan seafood sebagai sumber protein hewani menjadi salah satu bahan makanan yang harus ada. Sedangkan tahu atau tofu menjadi sumber protein nabati dalam menu masakan Korea.

6. Jarang mengkonsumsi makanan yang digoreng

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Pinterest

Makanan yang digoreng memang paling menggugah selera. Tapi orang Korea tidak terlalu menyukainya. Makanan yang digoreng akan menyerap minyak sehingga kalorinya menjadi sangat tinggi. Apalagi jika makanan tersebut dibalut tepung, sudah tinggi karbohidrat, tinggi minyak pula. Orang Korea jarang mengkonsumsi makanan berminyak. Mereka memasak makanan mereka dengan cara digrill, rebus, dibuat sup, atau disteam. Makanan yang digoreng juga tidak terlalu baik untuk kulit lho.

7. Mengurangi makanan manis

7 Alasan Kenapa Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk

foto: Amino Apps

Setelah makan berat, biasanya kita menginginkan makanan manis seperti kue atau es krim. Belum lagi sekarang marak berbagai menu bubble tea dan makanan manis lainnya. Di Korea, kebanyakan masyarakatnya akan memilih buah-buahan sebagai makanan penutup jika dibandingkan dengan kue atau es krim. Jika bukan buah, mereka akan memilih kopi yang bisa menekan nafsu makan.

To Top