in ,

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula
(Foto: healthable.org)

Kebanyakan orang mengira kalau hanya penderita diabetes saja yang memiliki kadar gula darah tinggi. Tetapi faktanya tidak demikian, orang yang tidak menderita diabetes juga bisa saja memiliki kadar gula yang tinggi dalam tubuhnya.

Penyebabnya bermacam-macam, namun yang paling utama yaitu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Jika kamu terus menerus memakan makanan yang mengandung gula, tak menutup kemungkinan kamu akan terkena diabetes.

Jadi sangat penting untuk mengenali tanda-tanda apakah kamu terlalu banyak makan gula atau tidak. Berikut tanda-tanda yang bisa kamu kenali.

loading...

1. Mudah lelah

Jika kamu merasa cepat lelah, dapat dipastikan kadar gula darah kamu sangat tinggi. Gula darah yang tinggi dapat membuat tubuh tidak akan mampu untuk menyimpan dan menyerap glukosa dengan benar.

Energi akan digunakan secara tidak efisien dan sel tubuh tidak mendapat energi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, tubuh akan terasa mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat.

2. Mudah lapar

Gula darah tinggi dapat mencegah glukosa memasuki sel tubuh. Akibatnya tubuh tidak akan menerima energi yang dibutuhkan dan tubuh akan mudah lapar.

Baca juga: 5 Makanan Dan Minuman Ini Bikin Otak Kamu Jadi Lemot

3. Mulut kering

Bila mulut kamu kering, itu adalah tanda tubuh kamu kekurangan cairan. Kehilangan cairan dalam tubuh bisa disebabkan karena gula darah tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyaklah minum air putih dan minuman lain tanpa gula.

4. Berat badan turun

Tubuh akan kehilangan berat badan dengan cepat bila kadar gula darahnya tinggi. Hal itu bisa disebabkan karena kadar insulin tidak mencukupi untuk metabolisme glukosa, dan kemudian tubuh akan beralih ke pembakaran lemak.

5. Kulit jadi kering

Masalah kulit kering tak hanya disebabkan oleh cuaca yang panas, tapi juga bisa disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Salah satu penyebabnya yaitu penyempitan arteri dan pengurangan sirkulasi darah secara bersamaan. Kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes.

Itulah beberapa tanda kamu terlalu banyak makan gula. Bila tidak segera dikontrol asupan makanan gulanya, tingkat risiko terkena diabetes akan semakin tinggi.

loading...
loading...
Loading...
Loading...